fbpx

Kenapa WhatsApp Ceklis Satu? Apa Artinya?

WhatsApp, sebagai aplikasi pesan instan yang paling populer, memiliki fitur centang/ceklis untuk menunjukkan status pesan yang dikirim.

Fitur ini membantu kita para penggunanya untuk mengetahui apakah pesan kita telah terkirim, diterima atau dibaca oleh penerima pesan.

Namun, kadang ada situasi dimana pesan yang kita kirim hanya memiliki satu tanda centang abu-abu. Apa maksud dari tanda ini?

Karena kalau pesan kita telah dibaca oleh penerima pesan, pesan kita akan memiliki dua centang warna biru.

Di artikel ini, kita akan membahas apa arti centang satu di WhatsApp, apa penyebabnya dan apa saja yang bisa dilakukan jika terjadi hal tersebut.

Kenapa WhatsApp Centang Satu?

WhatsApp memiliki tiga tanda centang berbeda untuk menunjukan status sebuah pesan:

  • Satu centang abu-abu: Pesan belum terkirim ke server WhatsApp.
  • Dua centang abu-abu: Pesan telah terkirim ke server WhatsApp, tetapi belum diterima oleh penerima.
  • Dua centang biru: Pesan telah diterima dan dibaca oleh penerima.

Selain tanda centang, ada beberapa indikator atau tanda lain seperti simbol jam dan tanda seru.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pesan WhatsApp centang satu.

1. Penerima Pesan Sedang Offline

Jika pesan Anda menampilkan satu tanda centang dalam waktu yang cukup lama, kemungkinan besar orang yang Anda kirim pesan sedang offline atau tidak mengaktifkan aplikasi WhatsApp-nya.

Walaupun terkadang mereka memiliki koneksi internet, tapi mereka bisa memilih apakah WhatsApp mereka mau diberi akses internet atau tidak.

2. Konektivitas yang Bermasalah

Jika penerima pesan mengaktifkan WhatsApp-nya namun pesan Anda tetap centang satu, bisa jadi masalahnya ada di konektivitas atau jaringan mereka yang sedang bermasalah.

Tidak hanya WhatsApp, aplikasi lain pun pasti akan mengalami hal serupa, karena jika tidak ada jaringan internet, maka aplikasi yang membutuhkan konektivitas internet akan terganggu.

Baca Juga:  Cara Menelepon via WhatsApp (Tanpa Pulsa)

Atau dalam beberapa kasus, bisa jadi server WhatsApp yang mengalami gangguan, akhirnya kita sebagai pengguna WhatsApp tidak bisa berkirim pesan ke siapa pun.

Tapi biasanya jika server yang bermasalah, pihak WhatsApp akan langsung memperbaiki dalam waktu yang singkat.

3. Anda Telah Diblokir oleh Penerima

Kemungkinan lain mengapa pesan Anda ceklis satu adalah mungkin Anda telah diblokir oleh penerima, apalagi jika Anda tidak dapat melihat foto profil, status dan informasi kapan terakhir dia melihat WhatsApp.

Sebanyak apapun Anda berkirim pesan, jika penerima memblokir Anda, maka Anda akan tetap mendapati ceklis satu.

4. Pesan Telah Diedit

WhatsApp memiliki fitur edit pesan yang dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki kesalahan kata atau jika ada informasi yang terlewat untuk disampaikan.

Jika Anda mengedit pesan yang telah dikirim, ada kemungkinan WhatsApp akan menampilkan satu centang meskipun pesan awalnya telah terkirim.

5. Sedang Proses Sinkronisasi dengan WhatsApp Web

Jika Anda melakukan sinkronisasi dengan WhatsApp Web, ada kemungkinan Anda akan melihat beberapa pesan yang awalnya memiliki dua centang biru akan terlihat hanya memiliki centang satu, tapi jangan khawatir karena biasnaya ini hanya butuh waktu untuk proses sinkronisasi.

Apa yang Harus Dilakukan Jika WhatsApp Centang Satu?

Lantas, apa yang bisa kita lakukan ketika kita mendapati pesan WhatsApp centang satu?

Berikut adalah beberapa saran yang bisa Anda lakukan:

1. Memastikan Koneksi Internet Stabil

Pertama, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil, begitu pun dengan penerima pesan Anda.

Cara mengetahui koneksi internet Anda stabil atau tidak, Anda bisa coba membuka browser seperti Google Chrome kemudian lakukan pencarian di sana, jika hasilnya muncul maka itu artinya koneksi Anda baik dan stabil, namun jika tidak muncul, bisa jadi koneksi Anda sedang bermasalah.

Baca Juga:  Cara Edit Pesan WhatsApp di Android, iPhone dan Web

2. Pastikan Penerima Tidak Diblokir

Pastikan orang yang Anda kirim pesan bukan orang yang Anda blokir, begitu pun sebaliknya, pastikan Anda tidak diblokir oleh penerima pesan.

Salah satu cara untuk mengetahui Anda diblokir atau tidak, Anda bisa cek foto profil penerima pesan, jika awalnya tampil kemudian blank, ada kemungkinan Anda telah diblokir.

3. Tunggu Beberapa Saat dan Coba Kirim Ulang

Jika Anda mandapati pesan centang satu, maka tunggu beberapa saat, barangkali penerima pesan sedang dalam kesibukan lain atau koneksi internetnya bermasalah.

Coba kirim ulang pesan Anda, untuk memastikan apakah kali ini pesan Anda barhasil terkirim atau tidak.

Itulah alasan mengapa pesan WhatsApp hanya memiliki centang satu.

Jika pesan Anda tidak terkirim dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa mempertimbangkan untuk menghubungi penerima dengan alternatif lain, misalkan dengan menghubunginya langsung via sambungan telepon.

Terutama jika kebutuhan tersebut mendesak dan penerima membolehkannya.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *