fbpx

Cara Mengetahui WhatApp Kita Diblokir atau Tidak, Ini Cirinya!

Dengan hadirnya WhatsApp, kita dengan mudah bisa terhubung dengan teman, sahabat, keluarga hingga rekan kerja, hanya dengan satu aplikasi pesan instan.

Kita bisa berkirim pesan, melakukan panggilan suara maupun video, bahkan bisa berkirim berbagai file dan dokumen.

Namun, WhatsApp juga memiliki fitur blokir yang memungkinkan penggunanya untuk memblokir kontak lain. Fitur ini cocok digunakan dalam beberapa kondisi seperti menghindari spam, kejahatan siber atau hanya sekadar ingin menjaga privasi.

Mengetahui apakah Anda diblokir di WhatsApp kadang bisa sangat membantu, karena Anda bisa mengetahui apakah Anda sedang bermasalah dengan kontak tersebut atau tidak, sehingga jika hal tersebut terjadi, Anda bisa menyelesaikannya dengan baik.

Artikel ini akan membahas ciri-ciri nomor WhatsApp kita diblokir oleh seseorang dan apa saja yang harus dilakukan.

Apa yang Terjadi Jika WhatsApp Kita Diblokir?

Jika WhatsApp kita diblokir, itu artinya semua komunikasi antara kita dan orang tersebut akan terhenti, kita tidak akan bisa melihat notifikasi, mengirim pesan, melakukan panggilan atau melihat update-an status mereka.

Karena memblokir kontak di WhatsApp itu sangat mudah, hanya tinggal melakukan beberapa klik.

WhatsApp melindungi setiap aktivitas kita dalam menggunakan aplikasinya, termasuk saat seseorang memblokir WhatsApp kita, pihak WhatsApp tidak akan mengirimkan notifikasi apapun, sehingga kita tidak tahu bahwa telah ada yang memblokir kita.

Jika Anda curiga telah diblokir oleh seseorang, berikut beberapa ciri atau tanda-tandanya.

Ciri-Ciri WhatsApp Diblokir

Berikut adalah beberapa ciri yang bisa kita cek untuk memastikan kita diblokir atau tidak.

1. Status “Terakhir Dilihat” dan “Online” tidak terlihat

Meskipun status “terakhir dilihat” dapat dinonaktifkan, Anda seharusnya tetap dapat mengetahui kapan seseorang sedang online dan membuka aplikasi WhatsApp mereka.

Baca Juga:  Cara Share Live Location di WhatsApp (Android & iPhone)

Anda bisa coba untuk membuka obrolan dengan kontak yang Anda curigai telah memblokir Anda, kemudian cek apakah Anda bisa mengetahui kapan terakhir dia online atau tidak.

Kalau tidak bisa, ada kemungkinan Anda telah diblokir.

Namun ini bukan satu-satunya tanda, mengingat status “terakhir dilihat” itu memang bisa dinonaktifkan oleh setiap pengguna WhatsApp.

2. Foto profil tidak terlihat

Ketika WhatsApp kita diblokir, biasanya foto profil mereka akan kembali ke default, kita tidak akan bisa melihat foto profilnya.

Atau dalam beberapa kondisi, foto profilnya tetap tampil tapi tidak berubah dalam waktu yang cukup lama, padahal jika dicek dengan nomor lain, foto profilnya sudah berubah.

Tapi, foto profil yang tidak berubah atau kembali ke setelan default tidak otomatis menandakan bahwa kita telah diblokir, dalam beberapa kasus yang kami temui, memang ada sebagian orang yang lebih nyaman untuk tidak menggunakan foto profil di WhatsApp mereka.

3. Ceklis pesan hanya satu

Ciri berikutnya jika seseorang memblokir WhatsApp kita adalah pesan yang kita kirimkan ke mereka akan memiliki tanda centang satu dalam waktu yang lama.

Itu artinya pesan tersebut tidak terkirim kepada mereka.

Tentu alasan ini bukan satu-satunya, karena salah satu penyebab pesan WhatsApp ceklis satu itu bisa jadi karena jaringan yang bermasalah.

4. Tidak dapat melakukan panggilan suara atau video

Jika seseorang telah memblokir WhatsApp kita, kita tidak akan bisa melakukan panggilan telepon WhatsApp atau video call ke kontak tersebut.

Ketika Anda coba untuk menelepon, Anda akan mendapati status “memanggil” bukan “berdering”.

Alasan lain bisa jadi karena jaringan yang sedang bermasalah atau mereka sedang offline.

5. Tidak dapat menambahkan kontak ke grup

Terakhir, coba buat grup dengan mereka, jika WhatsApp kita telah diblokir, maka proses pembuatan grup akan gagal, kita akan menerima pesan bahwa kita tidak diperkenankan untuk menambahkan orang tersebut sebagai member grup.

Baca Juga:  Cara Kirim Video Bulat di WhatsApp (Video Instan)

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kita Diblokir?

Jika kita merasa telah diblokir oleh seseorang, maka ada beberapa hal yang dapat kita lakukan:

1. Hubungi kontak dengan cara lain

Kita dapat mencoba menghubungi mereka dengan cara lain seperti SMS, telepon atau email, sehingga kita bisa mengetahui apa yang sebetulnya terjadi, kalau memang benar mereka memblokir kita, kita bisa menanyakan alasannya.

2. Tunggu dan lihat

Bisa jadi mereka tidak sengaja memblokir kita, bisa jadi ketika handphone mereka dipinjam oleh anak atau sadaranya, kemudian mereka asal klik dan kebetulan mereka memblokir kita.

3. Hormati privasi mereka

Ketika orang memblokir kita, pasti ada alasannya, yang bisa kita lakukan adalah menjaga privasi mereka, barangkali mereka butuh waktu untuk sendiri dan sedang tidak ingin diganggu.

Kita bisa menghubungi dengan cara lain di lain waktu.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *