fbpx
Lompat ke konten
Home » Review OCTO Mobile CIMB Niaga

Review OCTO Mobile CIMB Niaga

review aplikasi octo mobile

Aplikasi mobile banking telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari.

Dengan menggunakan aplikasi ini, kita dapat dengan cepat dan mudah mengakses layanan perbankan kapan pun dan di mana pun.

Pada kesempatan ini, saya akan memberikan ulasan mengenai OCTO Mobile, aplikasi mobile banking yang dimiliki oleh Bank CIMB Niaga.

Saya akan berbagi pengalaman dalam menggunakan aplikasi ini selama beberapa bulan terakhir, serta membahas fitur-fitur yang ditawarkan, kelebihan dan kekurangannya.

Dan terakhir, saya akan memberikan kesimpulan dan masukan dari perspektif pengguna.

DISCLAIMER!
Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman saya menggunakan aplikasi OCTO Mobile versi 3.0.9 yang berjalan di sistem operasi android versi 8.1.0 (Oreo), jika nantinya ada perbedaan pengalaman bisa jadi karena faktor-faktor tersebut.

Apa itu OCTO Mobile?

OCTO Mobile adalah aplikasi mobile banking yang dikembangkan oleh CIMB Niaga. Aplikasi ini dirancang untuk membantu nasabah melakukan transaksi perbankan dengan mudah dan fleksibel, di mana pun dan kapan pun.

Selain transfer uang, OCTO Mobile juga menyediakan fitur topup e-wallet, pembayaran tagihan, dan opsi untuk berinvestasi.

Alasan Menggunakan OCTO Mobile

Salah satu alasan utama saya membuka rekening di CIMB Niaga dan menggunakan OCTO Mobile adalah karena perusahaan tempat saya bekerja telah bekerja sama dengan CIMB Niaga dalam hal penggajian bulanan (payroll). Saya membuka rekening CIMB Niaga Syariah dengan nama produk OCTOSavers IBPayroll.

Selain itu, untuk kebutuhan perbankan saya saat ini, saya sudah cukup dengan menggunakan 1-2 bank saja. Sebenarnya, rekening CIMB Niaga ini adalah rekening keempat yang saya miliki.

Dari segi aplikasi, meskipun rekening saya adalah rekening Syariah, namun tidak ada perbedaan dalam aplikasi OCTO Mobile antara rekening konvensional dan Syariah. Artinya, satu aplikasi dapat digunakan untuk kedua jenis rekening tersebut.

Proses Pendaftaran

Proses pendaftaran saya lakukan secara serentak di kantor tempat saya bekerja. Petugas dari CIMB Niaga datang ke kantor saya untuk memproses pendaftaran. Semua proses berjalan lancar seperti pembukaan rekening bank pada umumnya.

Saya mengisi formulir, menyerahkan fotokopi KTP, dan melalui proses-proses lain yang biasanya dilakukan. Semuanya berjalan dengan mudah dan cepat.

Fitur Unggulan OCTO Mobile

Dari segi fitur, secara umum semua aplikasi mobile banking memiliki fitur yang serupa, yaitu untuk memudahkan transaksi, seperti transfer dana dan pembayaran tagihan.

Dalam ulasan ini, saya akan menyoroti fitur-fitur yang mungkin tidak biasa atau unik.

1. Buka Rekening Online

Fitur ini memungkinkan nasabah untuk membuka rekening CIMB Niaga secara online melalui aplikasi OCTO Mobile.

Baca Juga  Cara Melihat Nomor Rekening CIMB Niaga di OCTO Mobile

Fitur ini sangat bermanfaat karena memudahkan nasabah yang ingin membuka rekening tanpa harus pergi ke kantor cabang. Bank-bank digital seperti Bank Jago dan Jenius juga mengadopsi fitur serupa.

2. Login Biometrik

Login Biometrik OCTO Mobile mendukung fitur login menggunakan sidik jari (fingerprint) atau Face ID (pengenalan wajah).

Fitur ini mempercepat proses login bagi pengguna yang memiliki fitur tersebut pada perangkat mereka. Namun, bagi pengguna yang tidak memiliki fitur tersebut, masih perlu memasukkan username seperti biasa.

3. Fitur Lainnya

Selain fitur-fitur di atas, OCTO Mobile juga menyediakan fitur umum seperti transfer dana, pembayaran dengan QRIS, pengisian e-wallet, pembayaran tagihan, dan layanan tarik dan setor tunai tanpa kartu.

Desain Aplikasi OCTO Mobile

Dari segi desain, saya sangat menyukai tampilan aplikasi OCTO Mobile yang segar dan user-friendly. Navigasinya juga mudah dipahami.

Fitur lain yang menarik adalah adanya opsi untuk mengganti tema aplikasi sesuai dengan preferensi pengguna.

Terdapat 5 pilihan tema yang tersedia:

  • Default
  • Animal
  • Holiday
  • Nature
  • Octo

Meskipun perubahan tema tidak signifikan, tetapi ini merupakan fitur menarik yang tidak dimiliki oleh banyak aplikasi serupa.

Selain itu, pengguna juga dapat memasang foto profil pada aplikasi ini. Walaupun terdengar sepele, tidak semua aplikasi mobile banking menyediakan opsi ini. Keberadaan opsi ini patut diapresiasi.

Secara keseluruhan, saya cukup puas dengan desain yang ditampilkan oleh OCTO Mobile.

Pengalaman Penggunaan Aplikasi OCTO Mobile

1. Keyboard Muncul Tiba-tiba

Dari segi desain, saya tidak memiliki keluhan. Namun, dalam pengalaman penggunaan aplikasi ini, terdapat satu hal yang mengganggu, yaitu munculnya keyboard secara otomatis meskipun tidak diperlukan.

Ketika pertama kali membuka aplikasi dan masuk ke halaman utama, keyboard akan langsung muncul, padahal saya tidak berniat untuk mengetik atau melakukan pencarian apa pun. Keyboard seharusnya muncul hanya saat saya benar-benar ingin mengetik sesuatu.

Akibatnya, saya harus menekan tombol “back” untuk menutup keyboard, padahal seharusnya hal tersebut tidak perlu dilakukan.

Saya tidak yakin apakah masalah ini disebabkan oleh ketidakcocokan antara versi aplikasi OCTO Mobile dan sistem operasi Android, atau mungkin merupakan bug pada aplikasi ini.

Saya berharap masalah ini dapat diperbaiki pada pembaruan aplikasi berikutnya, sehingga pengalaman pengguna dapat lebih baik.

Baca Juga  Flip: Solusi Transfer Uang Antar Bank Tanpa Biaya Admin

2. Login Tanpa Password Hanya dengan Menggunakan Username

Saya dapat login ke aplikasi OCTO Mobile tanpa menggunakan password atau kode akses. Hanya dengan menggunakan username, saya sudah dapat mengakses aplikasi.

Pada handphone yang tidak memiliki fitur sidik jari atau Face ID, hal ini mungkin agak rawan dari segi keamanan.

Jika saya salah memasukkan username, aplikasi akan mengirimkan kode otentikasi ke nomor handphone yang terdaftar.

Saya berharap aplikasi OCTO Mobile memiliki fitur seperti BCA dan BSI, di mana meskipun login tanpa password, tetap diperlukan kode akses sebagai lapisan keamanan tambahan. Dengan begitu, meskipun orang lain mengetahui username kita, akun tetap terlindungi oleh kode akses.

Keamanan di OCTO Mobile

Dalam hal keamanan transaksi perbankan, pengguna tidak perlu khawatir karena CIMB Niaga diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Customer Support

Jika pengguna mengalami kendala, OCTO Mobile menyediakan layanan customer support yang dapat dihubungi melalui telepon, email, atau FAQ yang terdapat dalam aplikasi, sesuai dengan masalah yang dihadapi.

Saya pernah menghubungi customer support melalui email karena ada masalah dengan salah satu transaksi, dan mereka cukup responsif dalam membalas email saya.

Saya memilih email karena percakapan dapat tercatat, sehingga ada bukti dari setiap interaksi.

Kesimpulan & Saran untuk OCTO Mobile

Secara umum, OCTO Mobile adalah salah satu aplikasi mobile banking yang menawarkan pengalaman yang baik. Namun, ada beberapa saran yang dapat saya berikan sebagai pengguna untuk meningkatkan kualitasnya di masa depan.

Pertama, perbaiki masalah munculnya keyboard secara tiba-tiba yang mengganggu. Hal ini dapat meningkatkan kenyamanan pengguna.

Kedua, pertimbangkan untuk mewajibkan pengguna memasukkan kode akses saat login, sebagai langkah tambahan dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna.

Itulah ulasan tentang aplikasi OCTO Mobile yang mungkin bermanfaat bagi Anda yang sedang mempertimbangkan membuka rekening di CIMB Niaga. Jika ada hal yang terlewat atau masukan lain, silakan tulis di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *