fbpx

Google Chrome Terbaru Tidak Support Lagi Android Nougat

DailyAppInsider.com, 5 Desember 2023 Google baru-baru ini mengumumkan perubahan kebijakan terkait sistem operasi yang masih mendukung pembaruan Google Chrome. Kabar ini dapat berdampak pada pengguna Android Nougat yang mungkin tak dapat lagi menikmati versi terbaru dari browser populer ini.

Pengumuman ini tercantum dalam catatan rilis Chrome Enterprises and Education yang diperbarui pada 25 Oktober lalu. Di bagian “Coming Soon,” terungkap bahwa Google Chrome versi 120 tidak akan lagi mendukung Android Nougat.

Menurut laporan dari Android Police pada Minggu (3/12/2023), Chrome 120 tidak akan tersedia atau dapat diunduh bagi pengguna Android Nougat. Dengan versi stabil Chrome 120 dijadwalkan rilis pada 6 Desember 2023, pengguna Android Nougat hanya dapat mengandalkan versi Chrome 119 atau sebelumnya.

Keputusan ini mungkin memberikan dampak terutama bagi pengguna Android Nougat yang masih setia dengan perangkat mereka yang dirilis pada tahun 2016. Meskipun demikian, menurut catatan Android Police, hanya 2,6% pengguna Android yang masih menjalankan versi Nougat 7.0 atau 7.1. Sebaliknya, Android versi 13 telah diinstal pada 22,4% perangkat.

Perubahan kebijakan ini bukan hal baru dalam sejarah perilisan Chrome. Pada contoh sebelumnya, Android 6 kehilangan support untuk Chrome versi 107.

Meski Google Chrome menyediakan berbagai update menarik untuk perangkat Android terbaru, seperti perubahan visual pada omnibox dan toolbar untuk pengaturan transparansi, tetapi kebijakan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang. Mungkin saja giliran Android Oreo atau Android 8 untuk kehilangan dukungan pada versi Chrome terbaru.

Bagi pengguna Android Nougat, saran kami adalah untuk memastikan tidak melakukan pembaruan otomatis ke Chrome 120 pada tanggal rilisnya. Pilihan lain adalah mempertimbangkan upgrade perangkat ke versi Android yang lebih baru untuk tetap mendapatkan dukungan penuh dari Google Chrome.

Baca Juga:  7 Cara Memeriksa Keamanan Ekstensi Chrome yang Anda Instal

Dengan demikian, perubahan kebijakan ini menegaskan pentingnya pengguna Android untuk selalu memperbarui sistem operasi perangkat mereka untuk mendukung aplikasi dan perangkat lunak terbaru, termasuk peramban web populer seperti Google Chrome.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *