fbpx

7 Tips Sukses Jualan di Shopee Walaupun Anda Pemula

Apakah Anda sedang mencari tips sukses jualan di Shopee? Kalau iya, Anda sedang membaca artikel yang tepat.

Pada artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik jualan di Shopee. Kami akan membahas topik-topik seperti pemilihan produk, strategi penetapan harga, layanan pelanggan, dan banyak lagi.

Pastikan Anda membacanya sampai akhir.

1. Jual Produk yang Permintaannya Stabil

Tips pertama, juallah produk dengan permintaan yang stabil, selalu dibutuhkan oleh pelanggan.

Kenapa? Karena dengan begitu Anda bisa lebih yakin bahwa produk tersebut akan laku terjual dan tidak hanya terjual pada saat-saat tertentu saja.

Selain itu, menjual produk yang memiliki permintaan yang stabil juga akan membantu Anda dalam menentukan strategi harga yang tepat.

Jika Anda menjual produk yang memiliki permintaan yang stabil, maka Anda bisa lebih yakin bahwa harga yang Anda tawarkan akan terjangkau bagi pelanggan, dan tidak terlalu tinggi sehingga menjadi kurang menarik bagi pelanggan.

Jadi, menjual produk yang memiliki permintaan yang stabil akan membantu Anda dalam mengelola bisnis Anda dengan lebih baik, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar dari penjualan produk tersebut.

Selengkapnya Anda bisa membaca Cara Memilih Barang yang Tepat untuk Dijual di Shopee.

2. Gunakan Fitur-fitur Promosi di Shopee

Tips kedua, gunakanlah fitur-fitur promosi yang sudah disediakan oleh Shopee.

Fitur promosi di Shopee dapat membantu Anda meningkatkan visibilitas produk Anda, semakin banyak orang yang melihat produk Anda, semakin besar pula kesempatan Anda mendapat penjualan.

Baca juga: 7 Langkah Mudah Agar Produk Anda Muncul di Pencarian Shopee

Berikut ini adalah beberapa fitur promosi yang tersedia di Shopee dan cara menggunakannya:

  • Flash Sale: Fitur ini memungkinkan Anda menawarkan produk dengan harga khusus selama periode waktu tertentu. Anda dapat menentukan harga spesial dan jumlah produk yang tersedia untuk dijual selama flash sale.
  • Shopee Mall: Anda dapat mendaftarkan produk Anda di Shopee Mall untuk meningkatkan visibilitas produk Anda di platform. Produk yang terdaftar di Shopee Mall akan muncul di halaman utama Shopee dan dapat dilihat oleh lebih banyak pelanggan. Lihat perbedaan antara Shopee Mall dan Star Seller ini.
  • Shopee Live: Fitur ini memungkinkan Anda mengadakan siaran langsung di platform untuk mempromosikan produk Anda. Anda dapat menjawab pertanyaan pelanggan dan memberikan demo produk secara langsung di siaran.
  • Iklan Shopee: Fitur ini memungkinkan Anda membayar untuk iklan produk Anda di platform. Iklan akan muncul di halaman utama Shopee dan dapat dilihat oleh lebih banyak pelanggan. Anda dapat menentukan budget iklan dan target audiens yang ingin Anda capai.

Itu dia beberapa fitur promosi yang tersedia di Shopee yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di toko Anda.

Baca Juga:  6 Cara Memperbaiki Reputasi Toko di Shopee

3. Kolaborasi dengan Influencer

Tips ketiga, berkolaborasi dengan influencer.

Mengajak influencer untuk bekerja sama dapat menjadi salah satu cara yang efektif untuk meningkatkan penjualan di Shopee.

Influencer adalah orang yang memiliki banyak followers di media sosial dan biasanya memiliki kekuatan persuasi yang tinggi terhadap followers-nya.

Anda dapat menggunakan jaringan dan kekuatan persuasi mereka untuk mempromosikan produk-produk Anda kepada audiens yang lebih luas.

Cara kerja sama atau kolaborasi dengan influencer bisa bervariasi, tergantung pada kesepakatan yang dibuat, berikut adalah beberapa cara yang umum dilakukan:

  • Influencer mempromosikan produk Anda di akun media sosial mereka dengan menggunakan hashtag atau tagar yang telah ditentukan sebelumnya.
  • Influencer membuat ulasan produk atau video review tentang produk Anda di channel YouTube atau akun Instagram mereka.
  • Influencer menggunakan produk Anda dalam kegiatan sehari-hari dan memposting foto atau video tentang itu di akun media sosial mereka.
  • Influencer mengadakan giveaway atau kontes di akun media sosial mereka dengan hadiah produk Anda.

Semua aktivitas tersebut harus mempunyai call-to-action yang sama, yaitu mengarahkan audiens mereka ke link toko Anda di Shopee.

Pola kolaborasi ini akan sangat efektif, terutama jika influencer yang Anda pilih memiliki audiens yang sesuai dengan target market produk Anda.

Namun, pastikan untuk memilih influencer yang tepat dan menyusun kesepakatan yang jelas agar kerja sama tersebut berjalan lancar dan memberikan hasil yang optimal bagi bisnis Anda.

4. Gunakan Strategi Harga yang Tepat

Menentukan harga yang tepat sangat penting dalam menjual produk di Shopee, karena dapat mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli produk Anda atau tidak.

Jika Anda menjual produk dengan harga lebih tinggi dibanding harga pasaran, kemungkinan pelanggan tidak tertarik membeli produk Anda.

Sebaliknya, jika Anda menjual dengan harga yang terlalu rendah, pelanggan akan ragu dengan kualitas produk yang Anda jual.

Dengan menggunakan strategi harga yang tepat, Anda dapat menemukan keseimbangan yang tepat antara menarik pelanggan dan menghasilkan keuntungan yang bisa meng-cover semua biaya operasional Anda.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan strategi harga untuk menarik perhatian pelanggan dengan memberikan diskon atau penawaran spesial pada produk tertentu.

Baca juga: Cara Membuat Harga Coret di Shopee untuk Meningkatkan Penjualan

5. Upload Foto Produk yang Baik

Foto produk yang jelas sangat penting saat Anda jualan di Shopee karena merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keputusan pelanggan untuk membeli produk Anda.

Foto yang buruk atau tidak jelas dapat mengurangi minat pelanggan dan membuat mereka ragu untuk membeli produk Anda.

Sebaliknya, foto produk yang jelas dan menarik dapat meningkatkan minat pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

Baca Juga:  Cara Mengambil Foto Produk yang Baik untuk Jualan di Shopee

Dengan menggunakan foto produk yang jelas, pelanggan dapat melihat dengan jelas spesifikasi dan fitur produk yang Anda jual.

Hal ini dapat membantu pelanggan memahami apa yang mereka dapatkan dan membantu mengurangi kemungkinan retur atau kekecewaan pelanggan.

Selain itu, foto produk yang jelas juga dapat membantu Anda menonjolkan keunggulan produk Anda dan membedakannya dari produk lain yang ada di pasaran.

Selengkapnya Anda bisa membaca Cara Mengambil Foto Produk yang Baik untuk Jualan di Shopee.

6. Tulis Deskripsi Produk yang Jelas dan Informatif

Deskripsi yang buruk atau tidak informatif dapat mengurangi minat pelanggan dan membuat mereka ragu untuk membeli produk Anda.

Sebaliknya, deskripsi yang jelas dan informatif dapat meningkatkan minat pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

Dengan menulis deskripsi produk yang jelas, pelanggan dapat dengan mudah memahami spesifikasi dan fitur produk yang Anda jual.

Hal ini dapat membantu pelanggan memutuskan apakah produk tersebut sesuai dengan kebutuhan mereka atau tidak.

Selain itu, deskripsi yang jelas juga dapat membantu Anda menonjolkan keunggulan produk Anda dan membedakannya dari produk lain yang tersedia di pasaran.

Terkait bagaimana cara menulis deskripsi produk yang baik, Anda bisa membaca Cara Membuat Deskripsi Produk yang Menarik.

7. Berikan Layanan Terbaik Pada Pelanggan

Pelanggan yang merasa puas dengan layanan yang diterima dapat memberikan review positif dan lebih mungkin untuk melakukan repeat order atau merekomendasikannya kepada orang lain.

Sebaliknya, pelanggan yang merasa tidak puas dengan layanan yang diterima dapat meninggalkan review negatif atau bahkan membatalkan pesanan mereka, yang dapat merugikan penjualan Anda.

Untuk melayani pelanggan dengan baik, pastikan untuk merespon pertanyaan dan keluhan pelanggan dengan cepat dan ramah.

Pastikan juga untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat tentang produk Anda serta memberikan solusi yang tepat jika terjadi masalah.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan tindakan-tindakan ekstra seperti memberikan hadiah kepada pelanggan atau menawarkan layanan purna jual yang baik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.

Dengan demikian, Anda dapat membangun hubungan yang baik dengan pelanggan dan meningkatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda.

Ini dapat membantu Anda meningkatkan penjualan di Shopee dan membangun reputasi yang baik di kalangan pelanggan.

Baca juga 5 Cara Meningkatkan Performa Chat Shopee.

Itulah beberapa tips sukses jualan di Shopee yang bisa Anda coba, semoga tips-tips ini bisa meningkatkan penghasilan Anda.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *