fbpx
Lompat ke konten
Home » Tips Menggunakan Hashtag TikTok Agar Banyak yang Nonton

Tips Menggunakan Hashtag TikTok Agar Banyak yang Nonton

logo tiktok 3d

Hashtag TikTok adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan visibilitas video Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Namun, bagaimana cara menggunakan hashtag dengan benar dan efektif?

Banyak pengguna TikTok masih yang bingung tentang bagaimana memilih hashtag yang tepat dan menggunakannya dengan cara yang efektif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas tips dan trik yang bisa membantu Anda menggunakan hashtag TikTok dengan benar dan membuat video Anda menjangkau audiens yang lebih luas.

Mari kita mulai.

Apa itu Hashtag TikTok?

Hashtag TikTok berfungsi untuk membuat kategorisasi konten yang Anda upload dan memudahkan pengguna menemukan konten Anda.

Saat pengguna ingin mencari konten tutorial masak, maka mereka bisa mencari #tutorialmasak dan mereka akan menemukan konten yang relevan dengan hashtag itu.

Pada dasarnya, cara kerja hashtag itu sama, baik hashtag di TikTok maupun hashtag di Instagram, hashtag bisa membuat konten Anda lebih mudah ditemukan sehingga bisa meningkatkan visibilitas konten tersebut.

Manfaat Menggunakan Hashtag di TikTok

Berikut beberapa manfaat dan alasan mengapa Anda harus menggunakan hashtag di TikTok:

1. Meningkatkan visibilitas

Menambahkan hashtag pada konten dapat membantu meningkatkan visibilitas konten tersebut.

Dengan hashtag yang tepat, konten Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna yang tertarik dengan topik yang Anda bahas.

konten lebih mudah ditemukan menggunakan hashtag
Contoh hashtag #tipsparenting

Misalkan konten Anda membahas tentang tips parenting, dan Anda memberikan hashtag #tipsparenting, maka orang-orang yang sedang mencari konten parenting akan menemukan konten Anda saat mereka mencari menggunakan hashtag tersebut.

2. Meningkatkan engagement

Masih berkaitan dengan poin pertama, dengan visibilitas yang tinggi maka konten tersebut mempunyai peluang lebih besar untuk mendapatkan engagement lebih tinggi.

Ketika semakin banyak orang yang melihat konten Anda, dan mereka tertarik, besar kemungkinan mereka akan memberikan like, komentar bahkan membagikan konten Anda kepada orang lain.

Baca juga: Cara meningkatkan engagement rate di TikTok

3. Mendapatkan ide konten

Saat Anda bingung mencari ide konten, Anda bisa memasukan hashtag yang relevan dengan niche Anda, kemudian akan muncul konten-konten terbaik untuk topik tersebut.

Anda bisa mendapatkan ide konten dari konten orang lain yang muncul dari hasil pencarian hashtag tersebut.

Baca Juga  Cara Agar Postingan Instagram Masuk Explore (Update 2023)

4. Menemukan influencer tepat untuk brand

Jika Anda menggunakan TikTok untuk mewakili brand, dan sedang mencari influencer yang relavan dengan brand Anda, maka Anda bisa mencarinya menggunakan hashtag.

Tips Menggunakan Hashtag di TikTok

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat hashtag, selanjutnya kami akan memberikan tips menggunakan hashtag agar performa konten Anda optimal.

1. Gunakan hashtag yang relevan

Tips pertama yang tidak boleh Anda lewatkan adalah selalu gunakan hashtag yang relevan dengan konten.

Kalau konten Anda seputar parenting, maka Anda bisa gunakan hashtag #tipsparenting #parentingislami #parenting dan sejenisnya, yang penting masih ada benang merahnya.

Faktor relevansi sangat penting, karena kalau kita lihat algoritma TikTok terbaru, sebetulnya TikTok selalu berusaha menyajikan konten-konten yang relevan dengan kita melalui halaman FYP.

Baca juga: Cara Agar Konten Masuk FYP TikTok

Sehingga semakin relevan konten Anda, maka algoritma TikTok akan membantu untuk menampilkan konten tersebut ke orang-orang yang memiliki ketertarikan dengan niche Anda.

2. Gunakan hashtag yang sedang trending

Saat Anda menggunakan hashtag yang sedang trending, Anda memiliki kesempatan lebih besar untuk dilihat oleh lebih banyak orang.

Maka dari itu, Anda bisa menggunakan hashtag yang sedang trending pada konten Anda.

Tapi, Anda harus tetap memerhatikan poin pertama terkait relevansi, walaupun menggunakan hashtag yang trending, tapi harus tetap relevan.

Contoh, jika niche Anda parenting, dan hashtag yang sedang tren adalah pemilu, maka Anda bisa membuat konten pentingnya mengajarkan jiwa kepemimpinan pada anak, dan Anda bisa sisipkan hashtag #pemilu pada konten tersebut.

Sehingga konten tersebut masih relevan dengan niche Anda, dan relevan juga dengan hashtag yang sedang trending.

Ibarat peribahasa, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terampaui.

3. Kombinasikan hashtag

Selanjutnya, Anda bisa mengombinasikan hashtag.

Anda bisa menggunakan dua hashtag dalam satu konten, satu hashtag yang sesuai dengan niche Anda, yang kedua adalah hashtag tending.

Harapannya Anda bisa mendapatkan visibilitas dari kedua hashtag yang Anda sisipkan.

4. Pembagian porsi caption dan hashtag

Perlu Anda ketahui bahwa di TikTok, Anda hanya bisa menulis caption maksimal 300 karakter termasuk hashtag.

Sehingga Anda harus bisa membagi porsi antara caption dan hashtag, jika Anda ingin memasukkan hashtag lebih banyak, berarti caption harus dikurangi, begitu pun sebaliknya.

5. Perhatikan jumlah hashtag

TikTok tidak memberikan panduan berapa banyak jumlah hashtag yang bisa kita gunakan, namun dengan keterbatasan karakter caption dan hashtag, kami menyarankan untuk menggunakan maksimal 5 hashtag saja.

Sehingga masih ada ruang untuk menulis caption dan tidak terlalu banyak menampilkan hashtag.

6. Gunakan hashtag #fyp

Anda mungkin sering melihat hashtag #fyp atau #foryoupage pada konten-konten yang ada di halaman FYP TikTok.

Walaupun tidak ada jaminan bahwa hashtag tersebut bisa membuat konten Anda FYP, namun banyak pengguna yang mempercayai penggunaan hashtag #fyp bisa membantu meningkatkan peluang konten tampil di halaman FYP.

Satu-satunya cara untuk mengetahu hal tersebut adalah mencobanya sendiri, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk menambahkan hashtag #fyp pada konten-konten Anda.

7. Buat hashtag Anda sendiri

Terakhir, jika Anda menggunakan TikTok untuk mewakili brand atua bisnis, Anda bisa mulai membuat hashtag Anda sendiri.

Misal brand Anda adalah Kanaya dan menjual hijab, maka Anda bisa membuat hashtag dengan rumus nama brand + produk, sehingga Anda punya hashtag sendiri yaitu #KanayaHijab.

Semakin sering Anda posting konten dengan hashtag tersebut, maka brand Anda akan semakin populer di kalangan pengguna TikTok.

Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan brand awareness Anda.

Baca juga: Cara Memanfaatkan TikTok untuk Meningkatkan Brand Awareness

Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan konten Anda melalui penggunaan hashtag yang tepat.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *