fbpx

Shopee Affiliate Program: Definisi, Cara Kerja dan Cara Daftarnya

Dalam beberapa tahun terakhir, digital marketing telah menjadi bagian penting dari sebuah bisnis, karena dengan digital marketing mereka bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Salah satu strategi yang digunakan oleh banyak perusahaan adalah program afiliasi.

Sebagai marketplace yang besar, Shopee pun tak mau ketinggalan, mereka punya Shopee Affiliate Program.

Shopee Affiliate semakin populer sebagai cara yang efektif untuk menjadi ladang penghasilan di era digital seperti saat ini.

Pada artikel ini, kami akan membahas semua hal tentang Shopee Affiliate Program, mulai dari definisi, cara kerjanya, hingga cara mendaftar program tersebut.

Pastikan Anda membacanya sampai selesai ya.

Apa itu Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate Program adalah sebuah program yang memungkinkan Anda mendapatkan penghasilan tambahan dengan cara mempromosikan produk-produk yang ada di Shopee melalui melalui website atau media sosial milik Anda.

Setiap kali ada pembeli yang membeli produk melalui link yang Anda promosikan, Anda akan mendapatkan komisi dari Shopee

Dengan menjadi affiliate di Shopee, Anda bisa mempunyai penghasilan tambahan tanpa perlu repot mengelola toko online atau mengelola stok produk.

Anda hanya perlu mempromosikan produk yang Anda sukai, lalu Anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pembeli yang membeli produk tersebut melalui link yang Anda promosikan.

Tugas Anda hanya mengajak sebanyak mungkin orang untuk membeli sebuah produk melalui link milik Anda.

Agar bisa menjadi affiliate di Shopee, Anda harus terlebih dahulu mendaftar dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh Shopee.

Setelah terdaftar sebagai affiliate, Anda akan mendapatkan link afiliasi yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan produk di website maupun media sosial yang Anda miliki.

Keuntungan dan risiko menjadi affiliate Shopee

Setiap tipe bisnis atau usaha pasti punya keuntungan dan risikonya masing-masing, termasuk menjadi affiliate Shopee.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan dan risiko yang mungkin Anda dapatkan saat menjadi affiliate di Shopee:

Keuntungan:

  • Punya penghasilan tambahan
    Dengan menjadi affiliate di Shopee, Anda bisa mempunyai penghasilan tambahan hanya dengan cara mempromosikan produk di website atau media sosial yang Anda miliki, Anda akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi melalui link yang Anda promosikan.
  • Tidak perlu punya toko online
    Anda tidak perlu mempunyai toko online, itu berarti Anda tidak perlu repot mengelola stok produk, melayani customer, packing barang dan semua aktivitas yang biasa dilakukan oleh pemilik toko online. Anda hanya perlu cari produk yang berpotensi laris dan mempromosikannya saja.
  • Fleksibel dan tanpa biaya
    Menjadi affiliate di Shopee tidak memerlukan biaya apapun. Anda hanya perlu mendaftar dan memenuhi syarat yang ditentukan oleh Shopee, lalu dapat langsung mempromosikan produk yang Anda ingin promosikan. Semuanya gratis tanpa biaya tambahan apapun, cocok bagi Anda yang ingin memulai usaha tapi belum punya modal.
Baca Juga:  5 Kesalahan Saat Jualan di Shopee yang Sebaiknya Anda Hindari

Risiko:

  • TIdak ada jaminan penghasilan
    Tidak seperti gaji karyawan kantor, menjadi affiliate di Shopee tidak ada jaminan penghasilan. Besar kecilnya komisi yang Anda dapatkan sangat bergantung pada aktivitas promosi yang Anda lakukan.
  • Banyaknya saingan
    Karena terhitung mudah, menjadi affiliate Shopee tentu banyak saingannya, ada ribuan mungkin puluhan ribu orang yang melakukan hal yang sama seperti Anda. Itu artinya Anda harus kreatif dan cari cara agar promosi yang Anda lakukan efektif.

Cara kerja Shopee Affiliate Program

Cara kerja Shopee Affiliate Program sangat sederhana:

  1. Mendaftar sebagai affiliate di Shopee
    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mendaftar sebagai affiliate di Shopee. Anda dapat mengakses halaman affiliate di Shopee dan mengikuti proses pendaftarannya.
  2. Mempromosikan produk Shopee
    Setelah terdaftar sebagai affiliate, langkah selanjutnya adalah mempromosikan produk yang ada di Shopee melalui website atau media sosial yang Anda miliki. Anda dapat memilih produk yang sesuai dengan niche yang Anda minati atau memilih produk yang banyak dicari orang dan potensial untuk dijual.
  3. Mendapatkan komisi
    Setiap kali ada pembeli yang membeli produk melalui link afiliasi yang Anda promosikan, Anda akan mendapatkan komisi dari Shopee. Komisi yang diberikan oleh Shopee tergantung pada jenis produk yang dijual dan jumlah pembeli yang membeli produk tersebut.

Jika disederhanakan, cara kerja Shopee affiliate program adalah: Daftar menjadi affiliate > pilih produk > promosikan > dapat komisi dari setiap penjualan.

Mudah bukan?

Cara daftar Shopee Affiliate Program via aplikasi Shopee

Berikut adalah cara untuk mendaftar Shopee Affiliate Program melalui aplikasi Shopee:

1. Buka aplikasi Shopee dan cari di kolom pencarian “Shopee Affiliate Program”

Langkah pertama, buka aplikasi Shopee kemudian ketikkan “Shopee Affiliate Program” di kolom pencarian produk. Kemudian klik menu Shopee Affiliate Program.

Setelah itu, klik tombol Gabung Sekarang.

Supaya lebih mudah, Anda bisa klik link ini > Daftar Shopee Affiliate

menu shopee affiliate program di aplikasi shopee
Menu Shopee Affiliate Program di aplikasi Shopee
Landing page Shopee Affiliate Program

2. Pilih jenis akun afiliasi Anda

Selanjutnya pilih jenis akun afiliasi sesuai preferensi Anda, kemudian klik tombol Selanjutnya.

Baca Juga:  Cara Beli Token Listrik di Shopee
Jenis akun affiliate

3. Isi form data diri

Selanjutnya, isi form pendaftaran seperti biasa, kalau sudah, klik tombol Selanjutnya.

isi form data diri
isi form pendaftaran shopee affiliate.jpg

4. Masukkan informasi pelengkap

Kemudian, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi terkait media sosial yang Anda miliki hingga jenis produk yang Anda akan promosikan.

Pertama, pilih media sosial yang akan Anda hubungkan dengan akun Shopee. Anda bisa memilih Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dll

Kedua, Anda bisa memilih kategori produk yang akan Anda promosikan, Anda bisa memilih lebih dari satu.

masukkan informasi pelengkap

Ketiga, Anda akan diminta untuk memilih dari mana kah Anda mendapat informasi tentang Shopee Affiliate Program.

Keempat, Anda bisa memasukkan Kode Tim NA23ALV pada kolom Diajak oleh Team Affiliate Leader.

Kelima, ceklis kedua pernyataan yang ada, dan klik Kirim

masukkan info pelengkap pendaftaran

5. Selesai

Pendaftaran menjadi affiliate Shopee sudah berhasil. Selanjutnya tim Shopee akan me-review pendaftaran Anda dan mereka akan konfirmasi maksimal 3×24 jam langsung ke email terdaftar.

pendaftaran shopee affiliate berhasil

Tips sukses menjadi affiliate di Shopee

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, tugas Anda selanjutnya adalah mempromosikan produk di media sosial yang Anda miliki.

Berikut ada beberapa tips untuk Anda agar sukses menjadi affiliate di Shopee:

  1. Pilih niche yang tepat
    Pilihlah niche yang tepat untuk mempromosikan produk di Shopee. Niche tersebut harus sesuai dengan minat dan passion Anda agar mudah mencari produk yang sesuai dan mempromosikannya.
  2. Pilih produk yang potensial dan banyak diminati
    Pilihlah produk yang tepat untuk dipromosikan. Pastikan produk tersebut sesuai dengan niche yang Anda pilih dan memiliki demand yang tinggi di pasaran.
  3. Buat konten yang menarik
    Buat konten yang menarik untuk mempromosikan produk di Shopee. Konten tersebut bisa berupa review produk, tutorial, atau informasi lain yang bermanfaat bagi pembaca.
  4. Promosikan produk secara teratur
    Promosikan produk secara teratur agar terus mendapatkan pengunjung dan pelanggan baru. Anda bisa mempromosikan produk melalui website, media sosial, atau platform lainnya.

Itulah bahasan lengkap tentang apa itu Shopee Affiliate, bagaimana cara kerjanya dan cara mudah mendaftar di program tersebut.

Anda bisa share postingan ini ke teman, sahabat, saudara yang sedang mencari peluang usaha tanpa modal, semoga ini bisa membantu mereka mendapatkan penghasilan tambahan.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *