fbpx

5 Manfaat Menjalankan Giveaway Instagram untuk Bisnis Kecil

Tahukah Anda bahwa Instagram adalah salah satu platform yang paling banyak digunakan oleh brand-brand dunia untuk tools marketing mereka?

Bahkan 86% brand dunia seperti Nike, H&M dan brand lainnya menjadikan Instagram sebagai tools marketing yang paling kuat.

Namun, Instagram tidak hanya bisa dimanfaatkan oleh brand besar, sebagai pelaku bisnis kecil, UKM dan UMKM pun bisa memanfaatkan platform ini menunjang pertumbuhan usaha.

Kalau memang bisa, bagaimana caranya?

Salah satu cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjalankan giveaway di Instagram.

Berikut beberapa alasan kenapa bisnis kecil, UKM dan UMKM harus menjalankan giveaway di Instagram.

1. Membangun kesadaran merek (brand awareness)

Membangun brand awareness nampaknya menjadi fokus semua bisnis, tak terkecuali bisnis kecil.

Karena dengan brand yang dikenal, bisnis lebih mudah untuk mendapatkan prospek dan kepercayaan pelanggan, efek lebih jauhnya akan berujung pada meningkatkan pendapatan.

Menurut Venngage, 89% marketer menjadikan brand awareness sebagai tujuan utama aktivitas branding mereka.

Oleh karena itu, menjalakan giveaway adalah satu satu pilihan yang bisa Anda coba untuk mulai membangun brand awareness.

Ada banyak contoh-contoh giveaway Instagram yang bisa Anda coba, seperti like-comment-share, tag teman, posting foto, dan masih banyak lagi.

2. Meningkatkan engagement audiens

Punya followers banyak terkadang belum cukup untuk bisa menghasilkan uang dari Instagram.

Karena income bukan datang dari banyaknya jumlah followers melainkan dari jumlah orang yang akhirnya membeli produk Anda.

Maka dari itu, selain jumlah followers yang banyak, engagement rate pun harus tinggi, itu artinya followers yang kita miliki senang berinteraksi dengan kita.

Apalagi algoritma Instagram sekarang sangat mempertimbangkan faktor interaksi, makin banyak orang yang engage dengan kita, maka Instagram akan merekomendasikan konten kita ke lebih banyak orang.

Baca Juga:  Cara Membuat Profil Bisnis di Instagram (Step-by-Step)

Untuk postingan-postingan dengan interaksi tinggi, biasanya Instagram akan mendorongnya agar tampil di halaman explore, sehingga bisa menjangkau lebih banyak orang lagi.

Dan salah satu cara untuk meningkatkan interaksi atau engagement adalah dengan menjalankan giveaway.

3. Bertambahnya followers Instagram

Saat terjun ke dunia social media marketing, sebagian bisnis kecil biasanya akan fokus pada pertumbuhan followers, karena makin banyak followers akan menumbuhkan trust atau kepercayaan calon pembeli.

Tentu tidak mudah untuk mendapatkan banyak followers, selain harus posting konten secara rutin, terkadang kita pun harus mengeluarkan anggaran untuk memasang iklan.

Namun, jika Anda belum punya anggaran besar untuk iklan, maka menjalankan giveaway adalah pilihan terbaik.

Anda bisa menuliskan satu syarat wajib ketika orang mau ikut giveaway yang Anda jalankan, syaratnya adalah wajib follow akun Anda.

Sertakan juga persyaratan agar mereka men-tag 2 atau 3 orang temannya, supaya lebih maksimal.

Sehingga Anda bisa dengan cepat mendapatkan followers baru.

Apalagi jika hadiah yang Anda sediakan cukup menarik, tentu akan membuat orang lain berbondong-bondong mengikuti giveaway tersebut dan mereka akan follow Anda.

4. Mendapatkan database calon customer

Jika Anda ingin mendapatkan prospek dari Instagram, maka Anda pun bisa memanfaatkan giveaway untuk memudahkan prosesnya.

Caranya gampang, mintalah semua peserta untuk memasukkan email atau nomor WhatsApp sebagai salah satu syarat untuk mengikuti giveaway yang Anda jalankan.

Anda bisa membuat form submitnya menggunakan Google Form atau tools sejenisnya.

Sehingga selain engagement meningkat, list prospek Anda pun terus bertambah, dan nantinya bisa Anda gunakan untuk mengirim informasi terkait produk atau jasa yang Anda miliki.

5. Mendapatkan konten unik buatan audiens

Instagram adalah konten visual, sehingga untuk sukses di Instagram Anda harus memposting visual-visual yang kreatif, unik dan autentik.

Baca Juga:  Cara Agar Postingan Instagram Masuk Explore (Update 2023)

Untuk menghadirkan sebuah konten yang unik tentu butuh effort yang besar, kadang tim konten harus memikirkannya berhari-hari sampai akhirnya bisa menyajikkan konten yang pas, apalagi jika Anda masih sendiri, tentu butuh effort yang lebih besar.

Tapi, bagaimana jika konten tersebut dibuat oleh audiens Anda?

Selain hemat waktu, terkadang konten buatan orang lain bisa menghadirkan apa yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita.

Maka, menjalankan giveaway adalah kuncinya.

Anda bisa mengajak audiens untuk memposting foto, video atau cerita mereka yang berkaitan dengan produk Anda.

Dalam sekejap Anda akan mendapatkan banyak konten unik dan autentik hasil karya audiens, konten yang lebih natural dan mudah diterima oleh orang lain.

Selanjutnya, Anda bisa me-repost konten-konten tersebut dan hal ini bisa meningkatkan kepercayaan customer kepada brand Anda.

Itulah beberapa manfaat menjalankan giveaway Instagram khususnya bagi Anda bisnis kecil, UKM dan UMKM.

Jangan ragu untuk membagikan informasi ini kepada para pelaku bisnis lain, jika mereka ingin berkembang di Instagram.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *