fbpx

Aplikasi Bibit: Solusi Investasi Online yang Mudah dan Aman

Dalam era digital seperti sekarang, investasi tidak lagi terbatas hanya untuk kalangan tertentu.

Berbagai platform investasi online hadir untuk memudahkan siapa pun yang ingin memulai investasi dengan modal yang terjangkau. Salah satu platform yang semakin populer adalah aplikasi Bibit.

Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu aplikasi Bibit, bagaimana cara kerjanya sekaligus cara menggunakan aplikasi tersebut.

Apa itu Bibit?

Bibit merupakan sebuah aplikasi investasi online yang memungkinkan pengguna untuk berinvestasi dalam reksa dana.

Dengan Bibit, Anda dapat membeli berbagai jenis reksa dana, termasuk reksa dana pasar uang, obligasi, saham, syariah, dan surat berharga negara (SBN).

Aplikasi ini didirikan oleh PT Bibit Tumbuh Bersama dan telah mencapai lebih dari 5 juta unduhan dengan peringkat tinggi di Google Play & App Store.

Fitur dan Keunggulan Bibit

Salah satu keunggulan utama Bibit adalah penggunaannya yang mudah, terutama bagi investor pemula.

Bibit menggunakan teknologi Robo Advisor yang membantu dalam pemilihan produk reksa dana, sehingga investor tidak perlu memiliki pengalaman investasi yang luas.

Selain itu, aplikasi ini menawarkan fitur Goal Setting untuk merencanakan investasi sesuai tujuan, Autodebit untuk investasi rutin secara otomatis, dan sistem keamanan berlapis untuk melindungi dana dan data pengguna.

Investasi dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil, mulai dari Rp100.000, dan semua transaksi pembelian dan penjualan reksa dana di Bibit tidak dipungut biaya komisi.

Selain itu, Anda juga dapat mencairkan dana investasi kapan pun Anda butuhkan tanpa penalti.

Keamanan di Bibit

Apakah aplikasi Bibit aman?

Keamanan menjadi prioritas utama di Bibit. Berikut beberapa alasan mengapa aplikasi Bibit dianggap aman:

  • Izin Resmi dari OJK: Aplikasi Bibit telah dinyatakan sebagai agen penjual reksa dana yang mempunyai izin resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Nomor STTD / SK: : KEP-14/PM.21/2017. Itu berarti semua aktivitas yang dilakukan di Bibit akan terdaftar dan diawasi oleh OJK.
  • Keamanan Dana: Dana yang diinvestasikan tidak akan disimpan dan dikelola oleh Bibit. Dana tersebut langsung ditransfer ke rekening penampung dana investor dan dikelola oleh manajer investasi yang telah berlisensi OJK.
  • Bank Kustodian: Aset investasi akan disimpan di Bank Kustodian dan dana juga hanya bisa dicairkan ke rekening atas nama nasabah. Artinya, investasi di Bibit akan aman karena meskipun andai kata Bibit tutup, uang dan reksa dana yang Anda miliki tetap tersimpan dengan aman di bank kustodian.
  • Fitur Keamanan: Bibit memiliki fitur keamanan seperti Smart Login, PIN Selama Bertransaksi, dan sistem untuk mengenali perangkat yang digunakan pengguna.
  • Privasi: Bibit tidak pernah meminta PIN atau kode OTP pengguna.
Baca Juga:  Apakah Aplikasi Bibit Aman untuk Berinvestasi? Ini Faktanya!

Cara Menggunakan Aplikasi Bibit

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar di aplikasi Bibit walaupun Anda pemula:

  1. Unduh dan Buka Aplikasi: Unduh aplikasi Bibit dari Playstore untuk pengguna Android atau App Store untuk pengguna iOS.
  2. Registrasi: Klik “Register” atau daftar.
  3. Verifikasi Nomor Handphone: Masukkan nomor handphone yang aktif yang Anda gunakan di kolom yang tersedia. Setelah klik “Lanjutkan”, Anda akan memperoleh SMS yang berisi kode verifikasi.
  4. Isi Kuisioner Singkat: Klik “Mulai” dan jawab 6 kuesioner singkat dari Bibit sesuai dengan profil dan tujuan investasi Anda.
  5. Lanjut Registrasi: Setelah mengetahui profil risiko Anda, klik “Lanjut Registrasi” untuk melanjutkan ke halaman registrasi.
  6. Lengkapi Data Diri: Isi kolom yang ada sesuai dengan data diri Anda dan klik “Lanjutkan”.
  7. Upload Foto KTP: Persiapkan KTP Anda untuk ambil foto KTP. Klik “Foto dari Kamera” atau “Ambil dari Gallery” untuk lanjut. Pastikan foto KTP terlihat jelas dan dapat terbaca.
  8. Foto Selfie dengan KTP: Lanjutkan ke proses Foto Selfie dengan KTP. Klik “Foto dari Kamera” atau “Ambil dari Gallery” untuk lanjut. Pastikan semua bagian muka depan dan KTP masuk dalam foto atau tidak tertutupi.
  9. Cek Data Diri: Cek NIK, Nama Lengkap sesuai KTP dan Tanggal Lahir Anda. Klik “Berikutnya”.
  10. Tanda Tangan Digital: Cantumkan tanda tangan digital. Tanda tangan di Bibit dilakukan secara digital, silakan tanda tangan pada kotak yang tersedia. Klik “Hapus” jika tanda tangan yang Anda lakukan belum sesuai dengan E-KTP, lalu ulangi tanda tangan. Jika sudah sesuai klik “Daftar Sekarang”.
  11. Rekening Bank: Berdasarkan ketentuan OJK, Anda memerlukan rekening bank untuk berinvestasi. Jika Anda belum memiliki rekening bank, Anda akan diarahkan untuk mendaftar Bank Jago di akhir registrasi Bibit.
  12. Set PIN: Set PIN Anda, kemudian input lagi di halaman Konfirmasi Pin. Perlu diketahui bahwa PIN ini digunakan setiap kali Anda melakukan penjualan reksa dana, jadi pastikan PIN Anda mudah diingat.
  13. Verifikasi: Data Anda akan di verifikasi oleh tim Bibit dan KSEI, proses registrasi Anda akan selesai maksimal 1×24 jam.
Baca Juga:  Cara Investasi di Bibit untuk Pemula dengan Mudah dan Cepat

Jangan lupa, Anda bisa memasukkan Kode Referral jarhie untuk mendapatkan saldo Rp. 25.000 gratis yang bisa digunakan untuk berinvestasi.

Cara Kerja Aplikasi Bibit

Aplikasi Bibit bekerja dengan cara berikut:

  1. Pengumpulan Dana: Manajer Investasi (MI) akan menghimpun dan mengumpulkan dana dari investor (masyarakat).
  2. Investasi Dana: Total dana yang telah dihimpun tersebut kemudian akan diinvestasikan pada beberapa instrumen investasi yang ada.
  3. Seleksi Reksa Dana: Produk Reksa Dana yang tersedia di Bibit sudah lulus seleksi mereka. Hanya manajer investasi dengan track record dan reputasi yang baik ada di aplikasi Bibit. Mereka juga melihat return, tingkat resiko, dana kelolaan, dan expense ratio dari setiap produk reksa dana.
  4. Robo Advisor: Bibit menggunakan teknologi Robo Advisor untuk membantu investor pemula memulai investasi tanpa perlu pengalaman.

Dengan semua fitur dan keunggulan yang ditawarkan, Bibit menjadi solusi investasi online yang mudah dan aman bagi semua kalangan.

Selamat berinvestasi!

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *