fbpx
Lompat ke konten
Home » 7 Keunggulan Microsoft Edge Dibanding Google Chrome

7 Keunggulan Microsoft Edge Dibanding Google Chrome

keunggulan microsoft edge dibanding google chrome

Walaupun Google Chrome merupakan browser paling populer di dunia, tetapi bukan berarti ia tidak memiliki saingan.

Salah satu browser yang layak anda pertimbangkan adalah Microsoft Edge, browser resmi dari Microsoft yang merupakan penerus dari Internet Explorer.

Microsoft Edge memiliki banyak kelebihan dan fitur yang membuatnya lebih baik dari Chrome dalam berbagai aspek.

Berikut adalah tujuh alasan mengapa anda harus beralih dari Chrome ke Microsoft Edge.

1. Microsoft Edge lebih hemat RAM dan baterai

Salah satu keluhan terbesar tentang Chrome adalah ia sangat boros sumber daya, terutama RAM dan baterai.

Chrome seringkali membuat komputer atau laptop anda menjadi lambat dan panas, serta menguras daya baterai anda dengan cepat.

Hal ini tentu saja sangat mengganggu produktivitas dan kenyamanan anda saat berselancar di internet.

Microsoft Edge, di sisi lain, lebih hemat RAM dan baterai daripada Chrome. Microsoft Edge menggunakan teknologi yang disebut Sleeping Tabs untuk mengurangi penggunaan RAM dan baterai dari tab yang tidak aktif.

Sleeping Tabs akan mematikan aktivitas tab yang tidak anda gunakan selama beberapa menit, sehingga menghemat sumber daya yang dibutuhkan. Anda bisa mengatur waktu dan kondisi kapan Sleeping Tabs akan bekerja sesuai dengan preferensi anda.

Dengan Sleeping Tabs, anda bisa membuka banyak tab sekaligus tanpa khawatir akan memperlambat kinerja komputer atau laptop anda.

2. Microsoft Edge memiliki fitur Collections yang unik dan berguna

Collections adalah fitur eksklusif dari Microsoft Edge yang memungkinkan anda untuk mengumpulkan, mengatur, dan berbagi konten web yang anda temukan di internet.

Collections bisa anda gunakan untuk berbagai tujuan, seperti belanja, riset, atau hobi. Anda bisa membuat koleksi sesuai dengan tema atau kategori yang anda inginkan, dan menambahkan konten web yang relevan ke dalamnya.

fitur collection di microsoft edge

Collections bisa anda akses dengan mudah dari menu tools Microsoft Edge, dan anda bisa melihat konten web yang anda simpan dalam tampilan yang rapi dan menarik. Anda juga bisa mengedit, menghapus, atau mengurutkan konten web yang anda simpan sesuai dengan kebutuhan anda.

Collections juga bisa anda sinkronkan dengan akun Microsoft anda, sehingga anda bisa mengaksesnya di berbagai perangkat yang anda gunakan.

Collections juga bisa anda berbagi dengan orang lain, baik melalui email, pesan, atau media sosial. Anda juga bisa mengekspor Collections ke aplikasi Office, seperti Word, Excel, atau PowerPoint, untuk membuat dokumen, spreadsheet, atau presentasi yang profesional dan informatif.

3. Microsoft Edge mendukung ekstensi dari Chrome Web Store

Ekstensi adalah aplikasi tambahan yang bisa anda instal di browser web anda untuk menambahkan fungsi atau fitur yang anda inginkan.

Ekstensi bisa membantu anda melakukan berbagai hal, seperti mengubah tampilan browser web anda, memblokir iklan yang mengganggu, mengunduh video atau musik dari internet, dan lain-lain.

Chrome Web Store adalah tempat dimana anda bisa menemukan dan menginstal ribuan ekstensi yang tersedia untuk Chrome.

Namun, anda tidak perlu khawatir jika anda ingin beralih dari Chrome ke Microsoft Edge, karena Microsoft Edge juga bisa menginstal dan menjalankan ekstensi dari Chrome Web Store.

Anda hanya perlu mengaktifkan mode pengembang di Microsoft Edge dan mengunjungi Chrome Web Store untuk memilih ekstensi yang anda inginkan. Anda juga bisa mengelola ekstensi yang anda instal melalui pengaturan Microsoft Edge.

Dengan demikian, anda bisa menikmati berbagai ekstensi yang ada di Chrome Web Store tanpa harus meninggalkan Microsoft Edge.

Anda juga bisa menginstal ekstensi yang khusus dibuat untuk Microsoft Edge dari Microsoft Edge Add-ons, yang juga memiliki banyak pilihan ekstensi yang menarik dan bermanfaat. Dengan begitu, anda bisa memaksimalkan pengalaman browsing anda dengan Microsoft Edge.

Baca juga: Cara Memeriksa Keamanan Ekstensi Chrome yang Anda Instal

4. Microsoft Edge memiliki fitur Immersive Reader yang membantu anda membaca konten web dengan lebih nyaman

Immersive Reader adalah fitur yang dirancang untuk membantu anda membaca konten web dengan lebih nyaman dan fokus.

Immersive Reader akan menampilkan konten web yang anda baca dalam tampilan yang lebih sederhana dan bersih, tanpa gangguan dari elemen lain seperti iklan, menu, atau gambar. Anda bisa mengakses Immersive Reader dengan mengklik ikon buku yang ada di bilah alamat Microsoft Edge.

fitur immersive reader di microsoft edge

Immersive Reader juga memberikan anda beberapa opsi untuk menyesuaikan tampilan konten web sesuai dengan preferensi anda. Anda bisa mengubah ukuran font, warna latar belakang, dan jarak antar baris untuk membuat konten web lebih mudah dibaca.

Anda juga bisa menggunakan fitur Read Aloud untuk mendengarkan konten web dengan suara yang natural dan jelas. Anda bisa memilih bahasa, kecepatan, dan nada suara yang anda inginkan.

Immersive Reader juga bisa membantu anda memahami konten web yang berbahasa asing dengan fitur Translate. Anda bisa menerjemahkan seluruh halaman atau bagian tertentu dari konten web ke dalam bahasa yang anda pilih.

Anda juga bisa melihat definisi, sinonim, atau antonim dari kata-kata yang ada di konten web dengan fitur Picture Dictionary.

5. Microsoft Edge memiliki fitur Vertical Tabs yang memudahkan anda untuk mengelola tab yang banyak

Jika anda sering membuka banyak tab sekaligus saat browsing, anda mungkin merasa kesulitan untuk menemukan tab yang anda cari.

Tab yang terlalu banyak bisa membuat anda kehilangan fokus dan menghabiskan waktu. Hal ini bisa mengganggu produktivitas dan kenyamanan anda saat berselancar di internet.

Microsoft Edge memiliki solusi untuk masalah ini dengan fitur Vertical Tabs.

Vertical Tabs adalah fitur yang memungkinkan anda untuk menampilkan tab yang anda buka di sisi kiri layar. Dengan begitu, anda bisa melihat judul dan ikon dari setiap tab dengan lebih jelas dan mudah. Anda juga bisa menyembunyikan atau memperluas panel tab dengan sekali klik.

Baca Juga  Pilihan Publikasi Video YouTube: Apa Bedanya dan Kapan Menggunakannya?

Dengan Vertical Tabs, anda bisa mengelola tab yang anda buka dengan lebih efektif dan efisien.

Anda bisa mengurutkan, mengelompokkan, atau menutup tab yang anda inginkan dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan tab baru dengan cepat dengan mengklik tombol plus yang ada di panel tab.

6. Microsoft Edge memiliki fitur Smart Copy yang memudahkan anda untuk menyalin dan menempel konten web

Menyalin dan menempel konten web (copy-paste) adalah hal yang sering anda lakukan saat browsing, terutama jika anda ingin mengutip, merujuk, atau berbagi informasi dari internet.

Namun, terkadang anda mungkin merasa kesulitan untuk menyalin konten web dengan format, tata letak, dan gambar yang ada di halaman tersebut. Hal ini bisa membuat konten web yang anda salin menjadi berantakan atau tidak sesuai dengan yang anda inginkan.

Microsoft Edge memiliki fitur yang bisa membantu anda dengan masalah ini, yaitu Smart Copy.

Smart Copy adalah fitur yang memungkinkan anda untuk menyalin konten web dengan format, tata letak, dan gambar yang tetap terjaga. Anda bisa menyalin konten web dengan menekan tombol Ctrl+Shift+X dan menyorot bagian yang anda inginkan.

Kemudian, anda bisa menempelkannya ke aplikasi yang anda gunakan, seperti Word, PowerPoint, atau Outlook.

Baik, saya akan melanjutkan artikel yang saya tulis untuk anda. Berikut adalah bagian selanjutnya dari artikel tersebut:

7. Microsoft Edge memiliki fitur Password Monitor yang membantu anda untuk melindungi akun anda dari peretas

Password Monitor adalah fitur yang bisa membantu anda untuk melindungi akun anda dari peretas.

Password Monitor akan memeriksa apakah kata sandi anda telah bocor atau dicuri oleh peretas dari database yang bocor di internet. Jika ada, Password Monitor akan memberi tahu anda dan menyarankan anda untuk mengubah kata sandi anda dengan yang lebih kuat dan aman.

Anda bisa mengaktifkan fitur Password Monitor di pengaturan Microsoft Edge dan memeriksa apakah ada kata sandi anda yang berisiko.

Anda juga bisa melihat daftar situs web yang terkait dengan kata sandi anda yang bocor dan mengunjunginya untuk mengubah kata sandi anda.

Itulah tujuh alasan mengapa anda harus beralih dari Chrome ke Microsoft Edge. Microsoft Edge adalah browser web yang modern, cepat, dan aman yang memiliki banyak kelebihan dan fitur yang membuatnya lebih baik dari Chrome.

Anda bisa mengunduh dan menginstal Microsoft Edge secara gratis dari situs web resminya atau dari Microsoft Store. Cobalah Microsoft Edge sekarang dan rasakan perbedaannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *