fbpx
Lompat ke konten
Home » 6 Alternatif Terbaik untuk Pengganti Authy di Desktop

6 Alternatif Terbaik untuk Pengganti Authy di Desktop

alternatif pengganti authy

Authy adalah salah satu aplikasi paling populer untuk autentikasi dua faktor (2FA) berbagai layanan online.

Dengan Authy, Anda dapat meng-scan kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dan mendapatkan kode sekali pakai yang dapat digunakan untuk masuk ke akun Anda dengan aman.

Authy juga mendukung sinkronisasi lintas perangkat, pencadangan data terenkripsi, dan otentikasi biometrik.

Namun, sayangnya, aplikasi desktop Authy telah dihentikan sejak Januari 2024. Hal ini berarti Anda tidak dapat lagi menggunakan Authy di komputer Anda, kecuali Anda masih memiliki versi lama yang terinstal.

Jika Anda mencari pengganti yang sesuai untuk Authy di desktop, Anda beruntung. Ada banyak aplikasi dan ekstensi browser yang dapat digunakan sebagai alternatif Authy di desktop.

Dalam artikel ini, kami akan merekomendasikan 6 alternatif terbaik untuk Authy di desktop yang dapat Anda coba. Kami akan menjelaskan fitur, kelebihan, dan kekurangan dari masing-masing alternatif, serta cara menggunakannya.

Mari kita mulai!

1. 1Password

1Password adalah sebuah manajer kata sandi yang juga mendukung TOTP (Time-based One-Time Password).

TOTP adalah salah satu metode 2FA yang paling umum digunakan, yang menghasilkan kode sekali pakai berdasarkan waktu.

1Password tersedia sebagai klien desktop, ekstensi browser, aplikasi web, dan aplikasi seluler. Anda dapat mengakses semua kata sandi dan kode 2FA Anda dari berbagai perangkat dengan mudah.

Untuk menggunakan 1Password sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu membuat akun 1Password terlebih dahulu. Anda dapat memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biaya langganan 1Password adalah $2.99 per bulan untuk paket individu, $4.99 per bulan untuk paket keluarga, dan $3.99 per bulan per pengguna untuk paket bisnis.

Untuk menambahkan akun 2FA ke 1Password, Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi seluler 1Password dan mengetuk ikon + di pojok kanan bawah.

Kemudian, pilih opsi One-Time Password dan arahkan kamera Anda ke kode QR 2FA. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke 1Password, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di klien desktop, ekstensi browser, atau aplikasi web 1Password.

Anda dapat masuk ke situs web yang Anda gunakan dengan satu klik, tanpa perlu mengetikkan kode 2FA secara manual. 1Password juga akan memberi tahu Anda jika kode 2FA Anda akan segera kedaluwarsa.

Kelebihan dari 1Password

  • Mendukung TOTP, yang kompatibel dengan banyak situs web.
  • Memudahkan pengguna untuk memindai kode QR 2FA dan masuk ke situs web dengan satu klik.
  • Memiliki fitur keamanan tambahan seperti pembatasan registrasi perangkat baru dan kode rahasia.
  • Tersedia untuk berbagai platform dan perangkat.

Kekurangan dari 1Password

  • Berbayar, dengan biaya langganan mulai dari $2.99 per bulan.
  • Membutuhkan akun 1Password untuk digunakan.
  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.

2. Authenticator.cc

Authenticator.cc adalah sebuah ekstensi browser yang gratis dan sederhana yang dapat digunakan untuk menggantikan Authy.

Authenticator.cc tersedia untuk Google Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Authenticator.cc mendukung TOTP dan sinkronisasi lintas perangkat. Anda dapat mengakses kode 2FA Anda dari berbagai komputer dengan menggunakan akun Google Anda.

Untuk menggunakan Authenticator.cc sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu menginstal ekstensi browser Authenticator.cc untuk browser yang Anda gunakan. Anda juga perlu mengaktifkan sinkronisasi browser Anda dengan menggunakan akun Google Anda.

Anda dapat melakukannya dengan membuka menu pengaturan browser Anda dan mengetuk opsi Sinkronisasi atau Akun.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan ekstensi browser Authenticator.cc, Anda dapat menambahkan akun 2FA ke Authenticator.cc dengan cara yang sama seperti Authy. Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya dengan mengetuk ikon Authenticator.cc di toolbar browser Anda dan mengetuk opsi Scan QR Code. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke Authenticator.cc, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di ekstensi browser Authenticator.cc.

Anda dapat menyalin kode 2FA Anda dengan mengetuk ikon Authenticator.cc di toolbar browser Anda dan mengetuk opsi Copy. Anda juga dapat menyesuaikan nama, warna, dan urutan dari akun 2FA Anda dengan mengetuk opsi Edit.

Kelebihan dari Authenticator.cc

  • Gratis dan mudah digunakan.
  • Mendukung TOTP dan sinkronisasi lintas perangkat.
  • Memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan tampilan akun 2FA mereka.

Kekurangan dari Authenticator.cc

  • Hanya tersedia sebagai ekstensi browser, tidak ada klien desktop atau aplikasi seluler.
  • Membutuhkan akun Google dan sinkronisasi browser untuk digunakan.
  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.
Baca Juga  Jualan di Shopee Tidak Laku? Mungkin Ini Sebabnya!

3. KeePassXC

KeePassXC adalah sebuah manajer kata sandi sumber terbuka yang juga mendukung TOTP. KeePassXC tersedia sebagai klien desktop dan ekstensi browser.

KeePassXC memungkinkan pengguna untuk menyimpan kata sandi dan kode 2FA dalam basis data terenkripsi yang dapat diimpor dan diekspor. KeePassXC juga memiliki fitur keamanan tambahan seperti otentikasi biometrik dan kata sandi utama.

Untuk menggunakan KeePassXC sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu mengunduh dan menginstal klien desktop KeePassXC untuk sistem operasi Anda.

Anda juga perlu mengunduh dan menginstal ekstensi browser KeePassXC-Browser untuk Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge.

Anda juga perlu menghubungkan klien desktop dan ekstensi browser KeePassXC dengan menggunakan kunci rahasia yang dihasilkan secara acak.

Setelah Anda menginstal dan menghubungkan KeePassXC, Anda dapat menambahkan akun 2FA ke KeePassXC dengan cara yang sama seperti Authy. Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya dengan membuka klien desktop KeePassXC dan mengetuk opsi Add Entry. Kemudian, pilih tab Advanced dan klik opsi Add. Pilih opsi TOTP dan arahkan kamera Anda ke kode QR 2FA. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke KeePassXC, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di klien desktop atau ekstensi browser KeePassXC.

Anda dapat menyalin kode 2FA Anda dengan mengetuk ikon KeePassXC di toolbar browser Anda dan mengetuk opsi Generate TOTP. Anda juga dapat mengedit, menghapus, atau memindahkan akun 2FA Anda dengan mengetuk opsi Edit Entry.

Kelebihan dari KeePassXC

  • Gratis dan sumber terbuka.
  • Mendukung TOTP dan ekspor/impor data.
  • Memiliki fitur keamanan tambahan seperti otentikasi biometrik dan kata sandi utama.
  • Tersedia sebagai klien desktop dan ekstensi browser.

Kekurangan dari KeePassXC

  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.
  • Membutuhkan koneksi antara klien desktop dan ekstensi browser dengan menggunakan kunci rahasia.
  • Tidak mendukung sinkronisasi lintas perangkat secara otomatis.

4. 2FAS

2FAS adalah sebuah ekstensi browser yang juga tersedia sebagai aplikasi seluler yang dapat digunakan untuk menggantikan Authy. 2FAS mendukung TOTP dan HOTP (HMAC-based One-Time Password).

HOTP adalah metode 2FA lain yang menghasilkan kode sekali pakai berdasarkan hitungan. 2FAS memungkinkan pengguna untuk memindai kode QR 2FA dari situs web yang mereka gunakan dan masuk ke akun mereka dengan mudah.

Untuk menggunakan 2FAS sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu menginstal ekstensi browser 2FAS untuk Google Chrome, Firefox, atau Microsoft Edge.

Anda juga perlu mengunduh dan menginstal aplikasi seluler 2FAS untuk Android atau iOS. Anda juga perlu membuat akun 2FAS dengan menggunakan alamat email dan kata sandi Anda.

Setelah Anda menginstal dan membuat akun 2FAS, Anda dapat menambahkan akun 2FA ke 2FAS dengan cara yang sama seperti Authy. Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi seluler 2FAS dan mengetuk opsi Add Account. Kemudian, arahkan kamera Anda ke kode QR 2FA. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke 2FAS, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di ekstensi browser atau aplikasi seluler 2FAS. Anda dapat menyalin kode 2FA Anda dengan mengetuk ikon 2FAS di toolbar browser Anda dan mengetuk opsi Copy. Anda juga dapat mengedit, menghapus, atau mengurutkan akun 2FA Anda dengan mengetuk opsi Edit.

Kelebihan dari 2FAS

  • Mendukung TOTP dan HOTP, yang kompatibel dengan banyak situs web.
  • Memungkinkan pengguna untuk memindai kode QR 2FA dan masuk ke situs web dengan mudah.
  • Tersedia sebagai ekstensi browser dan aplikasi seluler.

Kekurangan dari 2FAS

  • Membutuhkan akun 2FAS untuk digunakan.
  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.
  • Tidak mendukung pencadangan atau sinkronisasi data.

5. Bitwarden Authenticator

Bitwarden Authenticator adalah sebuah manajer kata sandi sumber terbuka yang juga mendukung TOTP. Bitwarden Authenticator tersedia sebagai klien desktop, ekstensi browser, aplikasi web, aplikasi seluler, dan alat antarmuka baris perintah.

Bitwarden Authenticator memungkinkan pengguna untuk menyimpan kata sandi dan kode 2FA dalam brankas terenkripsi yang dapat diakses dari berbagai perangkat. Bitwarden Authenticator juga memiliki fitur keamanan tambahan seperti otentikasi dua langkah, kata sandi utama, dan PIN.

Untuk menggunakan Bitwarden Authenticator sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu membuat akun Bitwarden Authenticator terlebih dahulu. Anda dapat memilih paket langganan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biaya langganan Bitwarden Authenticator adalah gratis untuk paket gratis, $10 per tahun untuk paket premium, $12 per tahun untuk paket keluarga, dan $3 per bulan per pengguna untuk paket organisasi.

Setelah Anda membuat akun Bitwarden Authenticator, Anda dapat mengunduh dan menginstal klien desktop Bitwarden Authenticator untuk sistem operasi Anda. Anda juga dapat menginstal ekstensi browser Bitwarden Authenticator untuk Google Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Safari, Opera, atau Vivaldi.

Anda juga dapat mengunduh dan menginstal aplikasi seluler Bitwarden Authenticator untuk Android atau iOS.

Untuk menambahkan akun 2FA ke Bitwarden Authenticator, Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi seluler Bitwarden Authenticator dan mengetuk opsi Add Item.

Kemudian, pilih opsi Login dan arahkan kamera Anda ke kode QR 2FA. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke Bitwarden Authenticator, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di klien desktop, ekstensi browser, aplikasi web, atau aplikasi seluler Bitwarden Authenticator.

Anda dapat masuk ke situs web yang Anda gunakan dengan satu klik, tanpa perlu mengetikkan kode 2FA secara manual. Bitwarden Authenticator juga akan memberi tahu Anda jika kode 2FA Anda akan segera kedaluwarsa.

Kelebihan dari Bitwarden Authenticator

  • Gratis dan sumber terbuka untuk paket gratis.
  • Mendukung TOTP dan sinkronisasi lintas perangkat.
  • Memiliki fitur keamanan tambahan seperti otentikasi dua langkah, kata sandi utama, dan PIN.
  • Tersedia untuk berbagai platform dan perangkat.

Kekurangan dari Bitwarden Authenticator

  • Berbayar untuk paket premium, keluarga, dan organisasi.
  • Membutuhkan akun Bitwarden Authenticator untuk digunakan.
  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.

6. Authy Smartphone App

Authy Smartphone App adalah aplikasi seluler Authy yang masih tersedia untuk Android dan iOS. Authy Smartphone App dapat digunakan sebagai alternatif Authy di desktop dengan cara memindai kode QR 2FA dari layar komputer menggunakan kamera ponsel.

Authy Smartphone App juga mendukung sinkronisasi lintas perangkat, pencadangan data terenkripsi, dan otentikasi biometrik.

Untuk menggunakan Authy Smartphone App sebagai alternatif Authy di desktop, Anda perlu mengunduh dan menginstal aplikasi seluler Authy Smartphone App untuk Android atau iOS. Anda juga perlu membuat akun Authy Smartphone App dengan menggunakan nomor telepon dan alamat email Anda.

Setelah Anda menginstal dan membuat akun Authy Smartphone App, Anda dapat menambahkan akun 2FA ke Authy Smartphone App dengan cara yang sama seperti Authy. Anda perlu memindai kode QR 2FA dari situs web yang Anda gunakan dengan menggunakan kamera ponsel Anda.

Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi seluler Authy Smartphone App dan mengetuk opsi Add Account. Kemudian, arahkan kamera Anda ke kode QR 2FA. Anda juga dapat memasukkan kunci rahasia secara manual jika Anda tidak dapat memindai kode QR 2FA.

Setelah Anda menambahkan akun 2FA ke Authy Smartphone App, Anda dapat melihat kode 2FA Anda di aplikasi seluler Authy Smartphone App. Anda dapat menyalin kode 2FA Anda dengan mengetuk akun 2FA yang Anda inginkan dan mengetuk opsi Copy. Anda juga dapat mengedit, menghapus, atau mengurutkan akun 2FA Anda dengan mengetuk opsi Settings.

Kelebihan dari Authy Smartphone App

  • Gratis dan mudah digunakan.
  • Mendukung TOTP dan sinkronisasi lintas perangkat.
  • Memiliki fitur keamanan tambahan seperti pencadangan data terenkripsi dan otentikasi biometrik.

Kekurangan dari Authy Smartphone App

  • Hanya tersedia sebagai aplikasi seluler, tidak ada klien desktop atau ekstensi browser.
  • Membutuhkan akun Authy Smartphone App untuk digunakan.
  • Membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA.

Kesimpulan

Authy adalah sebuah aplikasi yang berguna untuk mengelola akun 2FA untuk berbagai layanan online. Namun, aplikasi desktop Authy telah dihentikan sejak Januari 2024.

Jika Anda mencari pengganti yang sesuai untuk Authy di desktop, Anda dapat mencoba salah satu dari enam alternatif yang kami rekomendasikan di atas.

Semua alternatif tersebut mendukung TOTP, yang kompatibel dengan banyak situs web. Beberapa alternatif juga mendukung HOTP, sinkronisasi lintas perangkat, pencadangan data, dan fitur keamanan tambahan.

Namun, sebelum Anda memilih alternatif Authy di desktop, Anda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti:

  • Apakah Anda bersedia membayar biaya langganan atau tidak?
  • Apakah Anda membutuhkan klien desktop, ekstensi browser, atau aplikasi seluler?
  • Apakah Anda membutuhkan akun atau koneksi khusus untuk menggunakan alternatif tersebut?
  • Apakah Anda membutuhkan kamera ponsel untuk memindai kode QR 2FA atau tidak?
  • Apakah Anda membutuhkan fitur tambahan seperti manajer kata sandi, otentikasi biometrik, atau kata sandi utama?

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor tersebut, Anda dapat memilih alternatif Authy di desktop yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Kami harap artikel ini dapat membantu Anda menemukan alternatif Authy di desktop yang terbaik untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *