fbpx

11 Fitur Terbaik iOS yang Tidak Dimiliki oleh Android

Sistem operasi smartphone iOS dan Android telah bersaing selama bertahun-tahun untuk menyajikan berbagai fitur untuk penggunanya.

iOS seringkali lebih unggul dengan inovasi yang sulit diikuti oleh Android. Meskipun Android memiliki keberagaman dan fleksibilitas yang luar biasa, berikut adalah sejumlah fitur iOS yang masih sulit untuk ditemukan di sistem operasi pesaingnya.

1. AirPlay

AirPlay adalah fitur istimewa yang masih belum bisa dinikmati oleh pengguna Android.

Dikembangkan sebagai protokol propietary oleh Apple, AirPlay memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan streaming audio dan video secara wireless.

Meskipun ada aplikasi pihak ketiga di Google PlayStore yang menawarkan fungsi serupa, tidak ada yang sebanding dengan AirPlay.

Kita berharap Google dapat mengembangkan solusi serupa untuk Android, tetapi sampai saat ini, AirPlay tetap menjadi keunggulan iOS.

2. FaceTime

FaceTime adalah layanan panggilan video untuk perangkat Apple, terintegrasi dengan mulus di iOS, iPadOS, dan macOS. Kemudahan yang dimilikinya membuatnya populer di antara pengguna Apple.

Android memiliki alternatif seperti Google Duo, namun popularitasnya tidak dapat menyaingi dengan FaceTime.

Meskipun pengguna Android dapat bergabung dalam panggilan FaceTime melalui fungsionalitas web, kemudahannya tidak sebanding dengan integrasi FaceTime pada perangkat Apple.

3. iMessage

iMessage, layanan pesan teks dan multimedia eksklusif ekosistem Apple, adalah salah satu alasan utama pengguna iPhone tetap setia.

Jika sebagian besar teman Anda menggunakan perangkat Apple, beralih ke Android berarti kehilangan keanggotaan dalam grup iMessage. Meskipun Android memiliki alternatif pesan teks, keunggulan iMessage terutama terletak pada integrasinya dengan ekosistem Apple.

4. Live Text di Video

Fitur Live Text yang diperkenalkan dengan iOS 15 memungkinkan pengguna menyalin teks dari gambar.

Baca Juga:  Apple Rilis iOS/iPadOS 17.3 dengan Fitur Stolen Device Protection dan Lainnya

Namun, Apple mengembangkan fitur ini sehingga sekarang pengguna dapat menyalin teks dari video, tidak hanya gambar.

Pengguna dapat dengan mudah menyalin teks dari video di Safari atau aplikasi Foto. Meskipun Android memiliki fitur serupa dengan Google Lens, integrasi Live Text pada video memberikan pengalaman yang lebih lanjut.

5. Visual Lookup

Visual Lookup di iOS memungkinkan pengguna untuk mengangkat objek dari latar belakang (menghilangkan latar belakarang) dan menempelkannya ke aplikasi lain.

Ini memberikan kebebasan kreatif yang tinggi dan tidak memiliki padanan di Android. Meskipun Google Lens dapat mengidentifikasi objek, tidak ada fitur serupa untuk mengangkat dan menempelkannya ke dalam aplikasi lain.

6. Check In

Check In, fitur tersembunyi di Pesan iOS 17, memungkinkan pengguna memberi tahu kontak iMessage mereka tentang lokasi mereka.

Dengan pilihan berbasis lokasi atau waktu, fitur ini membantu dalam memberi tahu kontak ketika Anda tiba di suatu tempat atau ketika waktu tertentu telah berlalu.

Ini memberikan rasa aman dan kemudahan komunikasi yang belum ada di Android.

7. NameDrop

NameDrop adalah ekstensi dari fungsi AirDrop di iOS yang memungkinkan pengguna berbagi informasi kontak dengan mudah dengan perangkat iPhone lainnya.

Sementara Android sebelumnya memiliki fitur serupa dengan Android Beam, namun fungsi ini perlahan-lahan dihilangkan oleh Google.

8. Hide My Email dengan iCloud+

Fitur Hide My Email dari iCloud+ memberikan pengguna iOS kemampuan untuk menggunakan alamat email acak saat mendaftar di situs web.

Ini memberikan tingkat privasi tambahan yang belum ada di Android. Meskipun Google menyediakan layanan VPN melalui VPN by Google One, fitur serupa untuk menyembunyikan alamat email belum tersedia.

Baca Juga:  Google Chrome Terbaru Tidak Support Lagi Android Nougat

9. Shared With You in Messages

Fitur “Shared with You” di Pesan iOS membantu pengguna mengelola dan menemukan kembali konten yang dibagikan oleh teman.

Konten ini secara cerdas diintegrasikan dengan aplikasi bawaan Apple, memberikan pengalaman yang lebih teratur dan terorganisir.

Android belum menemukan cara yang serupa untuk mengintegrasikan konten yang dibagikan dengan aplikasi pesan bawaannya.

10. Focus Filter

Baik iOS maupun Android memiliki fitur mode fokus, namun Apple telah mengembangkannya dengan Filter Focus.

Filter ini memungkinkan pengguna untuk menyaring konten yang mengganggu dalam aplikasi Apple tertentu, seperti Safari dan Pesan.

Meskipun Android memiliki mode Fokus, integrasinya dengan aplikasi untuk menyembunyikan konten yang mengganggu belum sejauh ini.

11. Pemeriksaan Kesehatan Baterai

Pada tahun 2017, Apple memperkenalkan fitur pemeriksaan kesehatan baterai.

Fitur ini memberikan transparansi kepada pengguna mengenai kesehatan baterai mereka dan memberikan peringatan ketika kesehatan baterai turun di bawah 80%.

Meskipun Android tidak memiliki fitur serupa secara bawaan, pengguna masih dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan informasi tambahan tentang kesehatan baterai.

Perbandingan antara iOS dan Android telah menjadi perdebatan yang panjang, tetapi fitur-fitur unik iDevices di atas membuktikan bahwa tidak ada sistem operasi yang mutlak unggul.

iOS dan Android masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, dan pilihan perangkat keras juga turut menentukan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Meskipun kita dapat menghargai keduanya, keunikan fitur-fitur iDevices tetap menjadi daya tarik bagi pengguna yang mencari pengalaman yang terintegrasi dan inovatif.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *