fbpx

Gagal Mengunduh Gambar di WhatsApp? Ini Alasan dan Cara Memperbaikinya

Sebagai aplikasi chatting paling populer, WhatsApp memungkinkan kita untuk bertukar pesan, foto, video hingga dokumen, mulai dari keperluan pribadi maupun pekerjaan.

WhatsApp memiliki fitur untuk mendownload gambar atau foto secara otomatis, artinya semua gambar yang Anda terima akan tersimpan otomatis di HP Anda, baik dari chat pribadi maupun grup.

Namun, pernahkah Anda mengalami situasi di mana Anda tidak dapat mengunduh gambar dari WhatsApp?

Situasi ini sering dialami oleh beberapa orang, mungkin termasuk Anda, tentu ini sangat mengganggu, apalagi jika gambar tersebut penting.

Artikal ini akan membahas mengapa hal tersebut bisa terjadi dan langkah apa saja yang bisa Anda lakukan untuk memperbaikinya.

Alasan Gagal Mengunduh Gambar di WhatsApp

Ada beberapa alasan mengapa kita gagal mengunduh gambar di WhatsApp, antara lain:

1. Koneksi internet bermasalah

WhatsApp adalah aplikasi yang memerlukan koneksi internet, jika tidak ada koneksi internet maka kita tidak akan bisa menggunakan aplikasi ini.

Koneksi internet yang tidak stabil atau lambat dapat menyebabkan kegagalan saat mengunduh gambar di WhatsApp.

Seperti proses download pada umumnya, kita membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil agar bisa mendownload gambar secara sempurna.

Solusinya:

  • Gunakan jaringan internet lain: Coba ganti jaringan internet Anda, jika Anda menggunakan Wi-Fi coba untuk beralih ke data seluler, atau pun sebaliknya. Jika jaringan seluler tetap tidak bisa, Anda juga bisa coba untuk beralih menggunakan jaringan dari provider lain.
  • Restart jaringan: Jika Anda menggunakan Wi-Fi di rumah atau di kantor, coba untuk mereset router jaringan Anda. Atau jika Anda menggunakan data seluler coba untuk merestart jaringan seluler Anda. Mematikan dan menghidupkan jaringan dapat membantu menyegarkan koneksi internet.
  • Pindah lokasi: Barangkali bukan jaringannya yang bermasalah, tapi lokasi Anda yang kurang tepat. Cobalah untuk berpindah ke tempat dengan sinyal internet yang lebih kuat dan stabil.
Baca Juga:  Cara Membuat Voice Note Sekali Dengar di WhatsApp

2. Ruang penyimpanan HP sudah penuh

Ketika Anda gagal mengunduh gambar di WhatsApp, bisa jadi ruang penyimpanan HP Anda penuh, sehingga tidak ada tempat untuk menyimpan gambar tersebut.

Apalagi jika gambar tersebut memiliki ukuran file yang besar, tentu membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup lega.

Jika ini masalahnya, maka Anda bisa melakukan hal-hal berikut:

  • Hapus file yang tidak terpkai: Periksa kembali file-file yang ada di HP Anda, setelah itu hapus file-file yang tidak lagi Anda perlukan, seperti foto, video, atau aplikasi yang jarang dipakai.
  • Pindahkan file ke penyimpanan eksternal: Jika Anda tidak mau menghapusnya, opsi kedua yang dapat Anda lakukan adalah memindahkan file-file yang besar ke SD card atau ke penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, iCloud atau Dropbox.
  • Gunakan aplikasi pembersih file sampah: Anda bisa menggunakan aplikasi pembersih file sampah yang ada di internet. Bahkan untuk beberapa brand HP, aplikasi tersebu sudah menjadi aplikasi bawaan yang bisa langsung Anda pakai.

3. Pengaturan download gambar di WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur atau pengaturan yang berkaitan dengan download gambar, apakah kita ingin WhatsApp mendownload gambar secara otomatis, atau hanya download gambar yang kita pilih saja.

Pengaturan ini dapat mempengaruhi proses pengunduhan.

Untuk melakukan pengaturan download gambar di WhatsApp, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Ketuk ikon titik tiga di pojok kanan atas.
  3. Pilih “Setelan”.
  4. Ketuk “Chat”.
  5. Pilih “Download media”.
  6. Pastikan opsi “Saat menggunakan Wi-Fi” dan “Saat menggunakan Data Seluler” diaktifkan.
  7. Anda juga dapat memilih kualitas gambar yang ingin diunduh, seperti “Hemat”, “Standar”, atau “Tinggi”.

4. Bug yang ada di aplikasi WhatsApp

Alasan lain mengapa Anda tidak dapat mengunduh gambar di WhatsApp, bisa jadi karena di aplikasi WhatsApp yang Anda pakai terdapat bug atau hal-hal yang membuat WhatsApp tidak bekerja dengan baik.

Baca Juga:  Cara Kirim Video Bulat di WhatsApp (Video Instan)

Jika terjadi hal ini, maka hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Perbarui aplikasi WhatsApp ke versi terbaru: Buka Google Play Store atau App Store dan periksa apakah ada update untuk aplikasi WhatsApp. Jika ada, perbarui aplikasinya.
  • Hapus data dan cache aplikasi WhatsApp: Buka Pengaturan di perangkat Anda, cari aplikasi WhatsApp, dan ketuk “Hapus data dan cache”.
  • Instal ulang aplikasi WhatsApp: Jika masalah masih berlanjut, coba hapus instalasi aplikasi WhatsApp dan instal ulang dari Google Play Store atau App Store.

Solusi Alternatif: Unduh Gambar via WhatsApp Web

Jika Anda masih mengalami masalah setelah mencoba semua langkah di atas, Anda dapat mencoba mengunduh gambar melalui browser web.

Buka WhatsApp Web di komputer Anda, temukan gambar yang ingin Anda unduh, klik kanan pada gambar, dan pilih “Simpan gambar sebagai”.

Tips Keamanan

Saat mengunduh gambar dari WhatsApp, penting untuk berhati-hati terhadap malware dan virus. Pastikan Anda hanya mengunduh gambar dari sumber yang terpercaya. Anda juga dapat menggunakan aplikasi antivirus untuk melindungi perangkat Anda.

Kami sarankan agar Anda memeriksa dan mengaktifkan fitur keamanan yang ada di WhatsApp, agar Anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang di atas, Anda dapat mengatasi masalah gambar di WhatsApp dan kembali menikmati komunikasi yang lancar dengan teman dan keluarga.

Sekali lagi, jangan lupa untuk selalu update aplikasi WhatsApp Anda ke versi terbaru dan berhati-hatilah saat mengunduh gambar dari sumber yang tidak dikenal.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *