fbpx
Lompat ke konten
Home » Cara Mengubah Tampilan Aplikasi Notion (Dark Mode/Light Mode)

Cara Mengubah Tampilan Aplikasi Notion (Dark Mode/Light Mode)

logo aplikasi notion

Notion adalah sebuah platform yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, seperti membuat catatan, mengatur proyek, membuat database, dan lain-lain.

Notion juga memiliki fitur yang memungkinkan anda untuk mengubah tampilan aplikasi sesuai dengan preferensi anda, yaitu dark mode dan light mode.

Apa itu dark mode dan light mode? Bagaimana cara mengaktifkannya? Dan apa manfaat dan kekurangannya?

Simak ulasan berikut ini.

Apa itu Mode Dark dan Mode Light?

Dark mode adalah tampilan yang menggunakan warna gelap sebagai latar belakang dan warna terang sebagai teks.

Light mode adalah kebalikannya, yaitu menggunakan warna terang sebagai latar belakang dan warna gelap sebagai teks.

Dark mode dan light mode bisa memberikan pengaruh yang berbeda terhadap kenyamanan dan produktivitas anda saat menggunakan Notion.

Bagaimana Cara Mengaktifkan Dark Mode dan Light Mode?

Untuk mengaktifkan mode dark atau mode light di Notion, anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka aplikasi Notion di perangkat yang anda gunakan, baik komputer, laptop, tablet, atau smartphone.
  • Klik ikon profil di pojok kanan atas layar, lalu pilih menu Settings & Members.
menu setting dan member di notion
  • Pilih menu My Setting > Appearance, lalu pilih opsi Dark atau Light sesuai dengan keinginan anda.
menu tampilan di notion
  • Tunggu hingga tampilan aplikasi berubah sesuai dengan pilihan yang anda pilih.

Mudah bukan? Anda bisa mengubah tampilan aplikasi Notion kapan saja anda mau, sesuai dengan suasana hati atau kondisi lingkungan anda.

Apa Manfaat dan Kekurangan Dark Mode dan Light Mode?

Dark mode dan light mode memiliki manfaat dan kekurangan masing-masing, yang bisa berbeda-beda tergantung pada preferensi dan kebiasaan anda.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Leads dari TikTok

Berikut adalah beberapa manfaat dan kekurangan dari mode dark dan mode light:

Manfaat Dark Mode

  • Mengurangi silau. Mode dark bisa membantu anda mengurangi silau atau cahaya yang terlalu terang dari layar, yang bisa menyebabkan mata lelah atau sakit. Mode dark juga bisa membantu anda melindungi mata anda dari paparan cahaya biru yang bisa mengganggu siklus tidur anda.
  • Menghemat baterai. Mode dark bisa membantu anda menghemat baterai perangkat anda, terutama jika anda menggunakan perangkat dengan layar OLED atau AMOLED. Hal ini karena mode dark mengurangi jumlah piksel yang menyala, sehingga mengurangi konsumsi daya.
  • Meningkatkan fokus. Mode dark bisa membantu anda meningkatkan fokus dan konsentrasi anda saat menggunakan Notion, karena mode dark membuat teks dan elemen lainnya lebih menonjol dan mudah dibaca. Mode dark juga bisa membantu anda mengurangi distraksi dari hal-hal lain di sekitar anda.

Kekurangan Dark Mode

  • Menyulitkan membaca teks. Mode dark bisa menyulitkan anda membaca teks yang terlalu kecil, tipis, atau memiliki warna yang kurang kontras dengan latar belakang. Mode dark juga bisa menyebabkan efek halo atau bayangan di sekitar teks, yang bisa mengganggu penglihatan anda.
  • Menurunkan kualitas warna. Mode dark bisa menurunkan kualitas warna yang ditampilkan di layar, karena mode dark mengurangi intensitas dan variasi warna. Mode dark juga bisa membuat warna-warna tertentu menjadi kurang akurat atau realistis.
  • Menyebabkan sakit kepala. Mode dark bisa menyebabkan sakit kepala bagi beberapa orang, terutama jika mereka memiliki masalah penglihatan, seperti astigmatisme atau miopia. Hal ini karena mode dark bisa menyebabkan mata anda beradaptasi terus-menerus antara cahaya dan gelap, yang bisa menimbulkan ketegangan pada otot mata.

Manfaat Light Mode

  • Meningkatkan keterbacaan. Mode light bisa meningkatkan keterbacaan teks dan elemen lainnya di layar, karena mode light membuat teks dan elemen lainnya lebih jelas dan tajam. Mode light juga bisa membantu anda membaca teks yang memiliki warna yang mirip dengan latar belakang, seperti abu-abu atau putih.
  • Memperjelas detail. Mode light bisa memperjelas detail yang ada di layar, karena mode light membuat warna dan bentuk lebih terlihat. Mode light juga bisa membantu anda melihat gambar atau grafik yang memiliki warna atau ukuran yang kecil.
  • Meningkatkan mood. Mode light bisa meningkatkan mood anda saat menggunakan Notion, karena mode light membuat tampilan aplikasi lebih cerah dan segar. Mode light juga bisa membantu anda merasa lebih berenergi dan optimis.
Baca Juga  6 Cara Mempromosikan Produk di Shopee Agar Laris

Kekurangan Light Mode

  • Meningkatkan silau. Mode light bisa meningkatkan silau atau cahaya yang terlalu terang dari layar, yang bisa menyebabkan mata lelah atau sakit. Mode light juga bisa membuat anda sulit melihat layar jika anda berada di lingkungan yang terlalu terang, seperti di bawah sinar matahari langsung.
  • Menguras baterai. Mode light bisa menguras baterai perangkat anda, terutama jika anda menggunakan perangkat dengan layar LCD atau IPS. Hal ini karena mode light meningkatkan jumlah piksel yang menyala, sehingga meningkatkan konsumsi daya.
  • Menyebabkan mata lelah. Mode light bisa menyebabkan mata lelah bagi beberapa orang, terutama jika mereka menggunakan Notion dalam waktu yang lama atau di malam hari. Hal ini karena mode light bisa menyebabkan mata anda terpapar cahaya yang terlalu terang, yang bisa merusak sel-sel mata anda.

Anda bisa mengaktifkan dark mode dan light mode dengan mudah, dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah kami jelaskan di atas.

Anda juga bisa mengubah dark mode dan light mode kapan saja anda mau, sesuai dengan suasana hati atau kondisi lingkungan anda. Selamat mencoba!

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *