fbpx

10 Cara Mendapatkan Review di Google Bisnis

Anda sudah membuat Google Business Profile tapi review-nya masih sedikit?

Sehingga orang-orang belum percaya pada bisnis Anda, alhasil belum banyak orang yang menghubungi dan datang ke lokasi toko Anda.

Kalau itu masalahnya, semoga postingan ini bisa membantu Anda keluar dari masalah tersebut, mengingat betapa pentingnya review di Google untuk pertumbuhan bisnis Anda.

Di postingan ini, saya akan berbagi kepada Anda 10 cara mendapatkan review di Google Bisnis atau di halaman Google Business Profile Anda.

Cara Mendapatkan Review Positif di Google Business Profile

Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan review di Google Business Profile:

1. Minta review dari pelanggan Anda

Sebetulnya, ada banyak cara untuk mendapatkan review di Google, seperti meminta karyawan Anda meninggalkan review, atau memberi diskon khusus untuk orang yang mau memberikan review dan masih banyak lagi.

Namun cara-cara tersebut terkesan tidak natural dan tidak jujur, karena orang-orang yang memberikan review bisa jadi belum pernah menggunakan produk Anda sama sekali.

Review terbaik adalah review yang diberikan oleh pelanggan Anda, mereka yang sudah pernah berinteraksi dengan brand Anda dan pernah membeli produk Anda.

Karena review yang mereka berikan sudah pasti review yang jujur, apa adanya, sesuai dengan apa yang mereka rasakan.

Maka dari itu, Anda bisa meminta kepada setiap pelanggan yang sudah membeli produk Anda untuk memberikan review di profile bisnis Anda.

2. Masukkan link Google Review ke media promosi

Untuk mempermudah poin nomor 1 di atas, Anda bisa menyisipkan link Google Review ke media promosi yang Anda buat, seperti brosor, flyer, poster hingga kartu nama.

Dimana Anda bisa mendapatkan link Google Review?

Pertama, pastikan Anda sudah mendaftarkan bisnis ke Google Business Profile, kalau belum Anda bisa daftar dulu.

Kedua, setelah terdaftar, Anda buka Google Saerch kemudian ketik nama bisnis Anda, pastikan Anda dalam keadaan login dengan email yang sama saat daftar Google Business Profile.

Tampilannya kurang lebih akan seperti ini:

mencari halaman google business profile

Profile bisnis Anda akan ada di sebelah kanan (sidebar) hasil pencarian.

Ketiga, scroll ke bagian bawah halaman bisnis Anda, dan klik Dapatkan Ulasan.

mendapatkan ulasan di google business profile

Keempat, copy dan simpan link Google Review yang Anda dapatkan.

cara mendapatkan link google review

Jika Anda punya website, Anda bisa buat halaman khusus yang nantinya Anda redirect ke halaman Google Review.

Misalnya ukamers.com/review, ketika Anda mengetikkan link tersebut, maka secara otomatis akan diarahkan ke halaman Google Review, sehingga bisa langsung memberikan review di sana.

Tapi kalau Anda belum punya website, Anda bisa menggunakan tools-tools untuk memperpendek link seperti bit.ly

Sehingga nanti link-nya akan jadi seperti ini:

Link asli: https://g.page/r/CaoMOQCdXrouEAI/review
Setelah diperpendek dengan bit.ly: https://bit.ly/UkamersReview

Link review jadi lebih sederhana dan mudah untuk diketik, dan Anda bisa menyisipkannya di brosur, flyer, dan media promosi lainnya.

3. Buat QR Code

Untuk pelanggan yang tidak punya waktu mengetikkan link review Anda di browser, Anda bisa membuat sebuah QR Code untuk memudahkan mereka, tinggal scan kemudian mereka bisa langsung mengisi review-nya.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Google Bard

Cara membuat QR Code-nya pun cukup mudah, Anda bisa menggunakan tools seperti QRCode Monkey.

Pertama, buka https://www.qrcode-monkey.com/.

Kedua, masukkan link Google Review yang Anda dapatkan di tahap sebelumnya di kolom Your URL.

cara membuat qrcode

Ketiga, klik tombol Create QR Code.

cara membuat qr code gratis tanpa batasan

Keempat, setelah klik tombol Create QR Code, tunggu beberapa saat, setelah QR Code-nya selesai dibuat, Anda bisa klik Download PNG.

Kini Anda sudah mempunyai QR Code yang langsung menuju ke halaman Google Review.

Selanjutnya, Anda bisa menyisipkan QR Code ini ke media promosi, website, dan tools lain yang Anda miliki, untuk memudahkan pelanggan memberikan review untuk bisnis Anda.

4. Manfaatkan invoice atau struk belanja

Selain media promosi, Anda juga bisa memanfaatkan invoice atau struk belanja untuk mengajak pelanggan memberikan review.

Saat ini, sudah banyak penyedia layanan point-of-sale (POS) yang memungkinkan Anda mendesain struk belanja Anda sendiri, sehingga Anda bisa menyisipkan QR Code atau link review di bagian bawah struk.

Karena bisa jadi pelanggan Anda mau memberikan review pada bisnis Anda, mereka hanya tidak tahu bagaimana cara melakukannya.

5. Memanfaatkan email marketing

Seperti yang sudah kami sebutkan di awal, bahwa review terbaik adalah review yang diberikan oleh orang-orang yang sudah membeli produk Anda.

Jika Anda mempunyai toko online dengan fitur email marketing di dalamnya, Anda bisa menjadwalkan untuk mengirim email ke pelanggan yang sudah bertransaksi di toko online Anda.

Email ini bisa jadi pengingat sekaligus cara untuk menjaga relationship dengan pelanggan Anda, sehingga mereka bisa jadi pelanggan setia.

Praktik seperti ini sudah umum dilakukan oleh marketplace seperti Shopee, Tokopedia dan lainnya.

Saat Anda menerima paket, kemudian Anda klik tombol paket diterima, maka platform marketplace akan meminta Anda memberikan review terhadap barang yang baru saja Anda beli.

Hal yang sama bisa Anda lakukan di campaign email marketing Anda.

6. Posting di media sosial

Cara selanjutnya, Anda bisa posting di media sosial dengan konten tertentu yang intinya mengajak orang untuk meninggalkan review di Google Business Profile Anda.

Anda akan membutuhkan link yang sudah Anda perpendek di tahap sebelumnya, misalnya dengan bit.ly.

Ada banyak ide konten yang bisa Anda pilih, bahkan kami sudah pernah membuat postingan tentang ide konten untuk 30 hari.

Setiap kali Anda posting, jangan lupa untuk mengajak audiens memberikan review di Google Business Profile Anda.

7. Respon setiap review yang diberikan

Agak sulit untuk menjamin setiap review yang diberikan bernada positif, beberapa pasti ada yang memberikan review negatif.

Tapi tidak masalah, ini wajar, yang Anda bisa lakukan adalah menanggapi setiap review dengan baik, termasuk review yang kurang baik bagi bisnis Anda.

Baca Juga:  Google Chrome Terbaru Tidak Support Lagi Android Nougat

Menurut survei yang dilakukan oleh BrightLocal, 87% pelanggan membaca kolom review sebelum melakukan pembelian, itu artinya Anda harus memperhatikan review ini baik-baik.

Sebisa mungkin tanggapi setiap review positif maupun negatif dengan cara yang santun, sehingga orang bisa melihat bahwa Anda adalah brand yang baik, ini bertujuan untuk membangun kepercayaan di benak pelanggan.

Jika ada review negatif, segera tanggapi dengan tanggapan yang santun, kalau ada masalah yang pelanggan sampaikan, segera berikan solusinya.

Kalau Anda pelanggan yang berbohong, Anda bisa sampaikan fakta yang sebenarnya, sehingga saat ada orang lain membaca review tersebut, mereka tahu cerita lengkapnya dan bisa memberikan penilaian sendiri.

8. Manfaatkan pop-up di situs Anda

Jika Anda mempunyai sebuah situs, Anda bisa mempertimbangkan penggunaan pop-up untuk mendapatkan review di Google.

Tambahkan pop-up ketika orang selesai bertransaksi di situs Anda, sehingga mereka bisa berbagi pengalaman setelah berinteraksi dengan brand Anda.

Tanyakan kepada mereka bagaimana rasanya berbelanja di situs Anda, apakah prosesnya mudah, bahkan Anda bisa meminta saran dari mereka untuk perbaikan bisnis Anda kedepannya.

9. Sematkan review di situs Anda

Mungkin Anda sering melihat banyak website yang menampilkan screenshot Google Review di halaman mereka, itu hal bagus, namun belum maksimal.

Karena saat Anda menampilkan review berbentuk gambar, maka Anda kehilangan potensi untuk mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Cara terbaik untuk melakukannya ialah dengan cara menyematkan ulasan dalam bentuk teks, sehingga hal ini akan membantu performa bisnis Anda terutama di sisi optimasi Local SEO.

Anda bisa meng-embed HTML ke situs Anda, dan untuk Anda pengguna WordPress, Anda bisa menggunakan plugin untuk mempermudah proses ini.

10. Minta review melalui WhatsApp

Selain email, informasi kontak lainnya yang mungkin ditinggalkan oleh pelanggan adalah nomor WhatsApp.

Sebelum klik checkout, biasanya mereka akan diminta untuk memasukkan nama, alamat kirim, alamat email dan nomor telepon atau WhatsApp.

Anda bisa mengirimkan pesan WhatsApp kepada mereka sesaat setelah mereka melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

Anda bisa membagikan link review yang sudah Anda buat di awal tadi.

Kesimpulan

Mendapatkan banyak review di Google sangat bermanfaat khususnya untuk usaha kecil dan menengah, karena dengan banyak review, akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.

Selain itu, Google Review juga bermanfaat jika Anda sedang mengoptimalkan strategi Local SEO untuk usaha Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di mesin pencari.

Terakhir, kami ucapkan terima kasih telah membaca postingan ini sampai akhir, Anda pun bisa berbagi pengalaman tentang situs Ukamers ini, apakah Anda menyukainya? Apakah informasi ini bermanfaat untuk Anda?

Terima kasih, semoga bermanfaat.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *