fbpx

Cara Mencegah Google Menghapus Akun Anda secara Permanen

Dalam era digital ini, hampir semua orang memiliki atau pernah memiliki akun Google. Mulai dari alamat Gmail hingga penyimpanan data di Google Drive, keberadaan akun Google memberikan sejumlah manfaat.

Namun, sejak 1 Desember 2023, Google telah memulai langkah untuk menghapus akun yang tidak aktif selama dua tahun atau lebih.

Jika Anda memiliki akun Google yang sudah lama tidak Anda sentuh, jangan panik. Anda masih memiliki waktu untuk mencegah penghapusan yang permanen.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menyelamatkan akun Google Anda sebelum terlambat.

Bagaimana Cara Mencegah Penghapusan Akun oleh Google?

Jika Anda khawatir bahwa akun Google Anda tidak aktif dan mungkin akan dihapus, berikut adalah tindakan yang dapat Anda lakukan:

  1. Masuk ke Akun Google Anda: Ini adalah langkah paling penting. Dengan masuk, Anda mengaktifkan kembali akun yang mungkin tidak aktif.
  2. Baca atau Kirim Email dari Gmail: Aktivitas sederhana seperti membaca atau mengirim email dapat membantu menjaga akun Anda tetap aktif.
  3. Gunakan Google Drive: Penyimpanan online di Google Drive dapat digunakan untuk menjaga akun Anda tetap aktif.
  4. Tonton Video di YouTube: Melihat video di YouTube sambil masuk ke akun dapat membantu mencegah penghapusan.
  5. Unduh Aplikasi dari Google Play Store: Aktivitas unduhan di Google Play Store dapat dianggap sebagai tanda keaktifan akun.
  6. Gunakan Google Search: Melakukan pencarian saat masuk ke akun Google juga dapat membantu mempertahankan keaktifan.
  7. Gunakan “Sign in with Google”: Aktivitas ini, seperti masuk ke aplikasi atau layanan menggunakan “Sign in with Google,” juga dihitung sebagai keaktifan.

Jika Anda memiliki langganan aktif atau video diunggah di YouTube, akun Anda dianggap aktif dan tidak akan dihapus.

Baca Juga:  Cara Melihat dan Mengamankan Kata Sandi yang Disimpan oleh Google Chrome

Mengapa Google Menghapus Akun?

Google menyatakan bahwa alasan di balik penghapusan akun tidak aktif adalah untuk meningkatkan keamanan. Akun yang tidak digunakan dalam waktu yang lama lebih rentan terhadap peretasan, karena kemungkinan besar memiliki kata sandi yang lemah dan kurangnya langkah-langkah keamanan tambahan.

Penghapusan akun juga dapat diartikan sebagai langkah finansial, mengingat biaya yang dikeluarkan Google untuk menyimpan akun tidak aktif di servernya.

Kapan Penghapusan Akun Dimulai?

Proses penghapusan akun dimulai pada 1 Desember 2023. Google berjanji untuk menjalankan proses ini dengan hati-hati, dengan prioritas penghapusan pada akun yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan.

Bagaimana Anda Tahu Jika Akun Anda Akan Dihapus?

Google akan memberi tahu Anda melalui beberapa email dalam beberapa bulan sebelum akun Anda dihapus. Pastikan untuk memeriksa Gmail Anda secara berkala dan pastikan alamat email pemulihan diatur.

Apakah Akun Pekerja atau Sekolah Juga Akan Dihapus?

Tidak, saat ini kebijakan penghapusan hanya berlaku untuk akun pribadi. Akun pekerja atau sekolah tidak akan dihapus, bahkan jika tidak aktif.

Apakah Akun Google Photos Juga Akan Terkena Dampak?

Google Photos diperlakukan secara terpisah. Anda hanya perlu masuk ke Google Photos setidaknya sekali dalam dua tahun untuk menjaga agar akun tetap aktif.

Konsekuensi Penghapusan Akun

Jika akun Anda dihapus, konsekuensinya lebih dari sekadar kehilangan email. Anda juga akan kehilangan akses ke Google Drive, Google Photos, YouTube, dan data yang terkait. Nama pengguna Google Anda juga akan hilang, dan riwayat pencarian, riwayat Google Maps, dan riwayat menonton YouTube akan dihapus.

Apakah Akun yang Dihapus Hilang Selamanya?

Sayangnya, setelah Google menghapus akun Anda, Anda tidak dapat memulihkannya. Meskipun, jika Anda telah menggunakan Google Takeout untuk mencadangkan data, Anda masih bisa mengaksesnya.

Baca Juga:  5 Cara Mudah Menghapus Email Sampah di Gmail

Menambahkan Alamat Email Pemulihan

Agar lebih aman, tambahkan alamat email pemulihan ke akun Google Anda. Ini memastikan bahwa Anda menerima pemberitahuan tentang aktivitas akun, bahkan jika tidak secara aktif memeriksanya.

Cara Menambahkan Alamat Email Pemulihan:

iOS

  1. Buka aplikasi Gmail.
  2. Ketuk ikon Profil.
  3. Pilih “Kelola Akun Google.”
  4. Pilih “Keamanan” dan kemudian “Alamat email pemulihan.”
  5. Ikuti petunjuk di layar.

Android

  1. Buka Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Pilih “Google” dan “Kelola Akun Google.”
  3. Pilih “Keamanan” dan kemudian “Alamat email pemulihan.”
  4. Ikuti petunjuk di layar.

Desktop

  1. Masuk ke akun Google Anda.
  2. Pilih “Info Pribadi” dan klik “Email.”
  3. Di bagian Alamat email pemulihan, klik “Tambahkan alamat email pemulihan.”
  4. Ikuti petunjuk di layar.

Dengan mengambil langkah-langkah ini, Anda dapat memastikan keberlanjutan dan keamanan akun Google Anda. Jangan biarkan akun Anda menjadi tidak aktif dan terhindar dari risiko penghapusan yang tidak diinginkan.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *