fbpx

Cara Menambahkan Akun di WhatsApp (1 HP 2 WA Beda Nomor)

WhatsApp telah menjadi aplikasi berkirim pesan instan paling populer di dunia, dengan lebih dari 2 miliar pengguna aktif setiap bulannya.

Tak heran, karena WhatsApp memiliki fitur-fitur yang memudahkan kita untuk terhubung dengan orang lain secara mudah, sehingga banyak orang yang akhirnya memutuskan menjadikan WhatsApp sebagai aplikasi utama untuk komunikasi sehari-hari.

Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa terkadang ada situasi dimana kita ingin menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu HP.

Tentu dengan berbagai alasan, seperti ingin memisahkan akun pribadi dan keperluan bisnis/pekerjaan, atau alasan lain seperti alasan privasi.

Pada artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang bisa Anda coba jika Anda ingin menggunakan 2 WhatsApp dalam 1 HP.

2 Akun WhatsApp dalam 1 HP, Emang Bisa?

Kabar baiknya, sekitar bulan Oktober 2023 lalu, WhatsApp telah meluncurkan fitur Multiple Account yang memungkinkan Anda menggunakan beberapa nomor WhatsApp berbeda dalam satu HP.

Kelebihannya, Anda tidak perlu menggunakan dua HP untuk bisa memiliki dua WhatsApp. Anda pun tidak perlu menggunakan WhatsApp Bisnis, karena fitur ini sudah tersedia di WhatsApp biasa.

Namun, kekurangannya adalah Anda tidak dapat membuat dan menerima pesan atau panggilan dalam waktu bersamaan, jadi harus bergantian.

Jika Anda telah berhasil menambahkan akun WhatsApp baru, ketika Anda ingin menggunakannya maka Anda harus beralih (switch) antara dua akun tersebut, hampir sama seperti switch account yang ada di Instagram.

Cara Menambahkan Akun WhatsApp

Bisa menggunakan dua akun WhatsApp dalam satu HP terkadang sangat diperlukan, terutama jika Anda tidak ingin menyatukan antara urusan pribadi dan urusan profesional atau pekerjaan, maka opsi ini mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Anda dapat menambahkan nomor baru atau nomor yang sebelumnya sudah memiliki WhatsApp.

Baca Juga:  Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup (Android & iPhone)

Hal ini pun bisa menjadi opsi sebagai cadangan jika salah satu nomor Anda bermasalah, karena semua kontak yang ada di dua akun WA tersebut akan tersinkron otomatis.

Jika Anda ingin menambahkan akun WhatsApp dalam 1 HP, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp di HP Anda.
  2. Pilih menu titik tiga yang ada di pojok kanan atas.
  3. Pilih menu Setting > Account > Add account.
  4. Kemudian klik + Add account.
  5. Pilih bahasa yang akan Anda gunakan kemudian klik Agree and continue.
  6. Masukkan nomor WhatsApp baru yang ingin Anda tambahkan, kemudian klik Next.
  7. Masukkan kode verifikasi yang dikirim via SMS ke nomor tersebut, jika nomor tersebut berada di HP yang sama, biasanya proses ini akan berjalan secara otomatis.
  8. Selesai.

Agar lebih mudah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini:

Untuk berpindah dari nomor pertama dan nomor kedua, Anda bisa pergi ke menu titik tiga di pojok kanan atas kemudian pilih Switch accounts.

Catatan: Jika nomor yang Anda tambahkan sudah memiliki akun WhatsApp di HP lain, maka kami sarankan untuk melakukan backup terlebih dahulu agar chat dan data lainnya tidak hilang.

Jika Anda tidak melakukan backup, maka ketika Anda tambahkan ke akun WhatsApp lain, chat yang sebelumnya akan hilang.

Alternatif: Install Aplikasi WhatsApp Bisnis

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah dengan menginstall aplikasi WhatsApp bisnis di HP yang sama, hal tersebut memungkinkan Anda menggunakan 2 nomor WhatsApp berbeda di satu HP.

Sebelum Anda melakukan hal tersebut, ada beberapa hal yang mungkin perlu Anda pertimbangkan:

  • Jika nomor WhatsApp kedua Anda bukan untuk bisnis, artinya Anda tidak membutuhkan fitur-fitur bisnis seperti katalog, dll, maka Anda bisa menggunakan WhatsApp biasa saja seperti cara yang sebelumnya kita bahas.
  • Jika nomor WhatsApp kedua ini justru untuk bisnis, untuk nomor official bisnis Anda, maka kami sarankan untuk menggunakan WhatsApp Bisnis dengan fitur-fitur yang ada di dalamnya, karena hal ini akan memudahkan Anda dalam mengelola bisnis Anda, dan tidak akan tertukar dengan WhatsApp pribadi Anda.
  • Menggunakan dua aplikasi WhatsApp dalam satu HP tentu akan memakan kapasitas penyimpanan yang ada di HP Anda, jika Anda memiliki ruang penyimpanan yang masih lega, Anda bisa menginstall dua aplikasi WA tersebut, namun sebaliknya, jika ruang penyimpanan Anda terbatas maka Anda cukup menginstall satu aplikasi saja.
Baca Juga:  Cara Menelepon via WhatsApp (Tanpa Pulsa)

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan akun WhatsApp baru atau menggunakan dua nomor WhatsApp dalam satu HP.

Semoga membantu.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *