fbpx

Cara Memilih Barang yang Tepat untuk Dijual di Shopee

Apakah Anda berniat jualan di Shopee?

Kalau iya, salah satu hal penting yang harus Anda pertimbangan adalah produk atau barang apa yang akan Anda jual di sana.

Memilih produk untuk dijual bukan hal mudah, tapi kami akan membantu Anda menemukan barang apa yang tepat untuk dijual di Shopee.

Mari kita mulai.

Pentingnya Memilih Barang yang Tepat untuk Dijual

Salah satu kunci sukses jualan di Shopee adalah menjual barang yang tepat.

Dengan demikian, Anda akan punya potensi besar untuk menjadi penjual yang sukses di Shopee.

Berikut beberapa alasan mengapa memilih barang yang tepat itu sangat penting, terutama saat Anda memutuskan untuk jualan di Shopee:

  1. Kebutuhan pasar

Jika Anda memilih barang yang tidak populer, maka itu berarti permintaan pasarnya pun kurang.

Kalau Anda memilih barang seperti ini, maka toko Anda akan sulit berkembang, karena tidak punya cukup pelanggan untuk membeli produk Anda.

Maka dari itu, memilih barang yang populer dan sedang tren sangat bagus dan berefek positif untuk toko Anda.

  1. Tingkat persaingan

Walaupun memilih barang yang populer adalah cara yang baik, namun kalau barang tersebut sudah terlalu banyak yang jual, maka tingkat persaingannya akan semakin tinggi.

Memilih barang yang tepat sangatlah penting, terutama memilih barang yang banyak dibutuhkan oleh pelanggan tapi masih sedikit yang jualan.

Maka persaingan Anda tidak akan terlalu berat.

  1. Margin keuntungan

Memilih produk tidak bisa sembarangan karena akan berpengaruh pada besaran keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Jika Anda menjual barang dengan harga terlalu tinggi, maka pelanggan mungkin tidak tertarik untuk membelinya.

Sebaliknya, jika Anda menjual dengan harga yang terlalu rendah, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit.

  1. Kepuasan pembeli

Memilih barang berkualitas tinggi juga penting untuk memastikan pembeli Anda puas dengan apa yang mereka beli dari Anda.

Jika mereka tidak puas dengan barang yang Anda jual, maka mereka enggan untuk kembali belanja di toko Anda.

Atau lebih parahnya mereka akan memberikan review buruk pada produk dan toko Anda.

Itulah beberapa alasan mengapa memilih barang yang tepat untuk dijual di Shopee sangat penting, karena berkaitan dengan keberhasilan bisnis Anda di Shopee.

Selanjutnya mari kita bahas bagaimana cara memilih barang yang tepat untuk dijual di Shopee.

Cara Memilih Produk yang Tepat untuk Dijual di Shopee

Berikut adalah beberapa cara untuk menentukan produk yang tepat:

1. Lakukan Riset Pasar

Riset pasar adalah proses mengumpulkan dan menganalisis informasi tentang pasar yang berkaitan dengan produk atau jasa yang akan dijual.

Tujuan dari riset pasar adalah untuk memahami kebutuhan, preferensi, dan perilaku pelanggan, serta mengetahui pesaing dan kondisi pasar secara keseluruhan.

Baca Juga:  3 Cara Menaikkan Limit Shopee PayLater Hingga Puluhan Juta!

Melakukan riset pasar dapat membantu Anda memilih produk yang tepat untuk dijual di Shopee, karena Anda akan memiliki informasi yang lebih baik tentang apa yang dicari oleh pelanggan dan bagaimana produk Anda dapat menjadi pilihan yang menarik bagi mereka.

Anda bisa melakukan riset pasar di situs maupun aplikasi Shopee dengan memperhatikan Trending Search.

Trending Search di Shopee adalah daftar produk yang paling banyak dicari oleh pengguna. Jika Anda jualan produk tersebut, sudah pasti laris.

Caranya:

  • Buka situs Shopee
  • Perhatikan daftar produk yang ada di bawah kolom pencarian, itu adalah produk yang banyak dicari oleh pengguna Shopee
daftar produk yang paling banyak dicari di Shopee
Produk yang paling banyak dicari di Shopee

2. Pilih Produk dengan Margin Keuntungan yang Tinggi

Memilih produk dengan margin keuntungan yang tinggi dapat menjadi salah satu cara terbaik dalam menentukan produk apa yang sebaiknya Anda jual.

Karena dengan memilih produk yang memiliki keuntungan tinggi, Anda dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dari setiap penjualan.

Namun, perlu diingat bahwa margin yang tinggi tidak selalu menjamin bahwa produk tersebut akan laris terjual.

Anda juga harus memperhatikan faktor-faktor lain seperti kebutuhan pelanggan, pesaing, dan strategi marketing yang tepat.

Untuk menghitung margin keuntungan, Anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus Menghitung Margin keuntungan = (Harga jual – Harga beli) / Harga jual x 100%

Contoh:

Jika Anda menjual produk dengan harga Rp100.000 dan harga beli (harga modal) produk tersebut sebesar Rp50.000, maka margin keuntungan yang Anda dapat adalah sebesar 50%.

Margin keuntungan = (Rp100.000 – Rp50.000) / Rp100.000 x 100% = 50%

Untuk contoh di atas, margin keuntungan 50% = Rp50.000.

Semakin tinggi margin keuntungan yang didapat, semakin besar keuntungan yang akan diperoleh per satuan produk yang terjual.

Namun, perlu diingat bahwa memilih produk dengan margin keuntungan yang terlalu tinggi juga dapat menjadi risiko, karena dapat membuat harga produk Anda terlihat tidak kompetitif dibandingkan dengan produk pesaing.

Oleh karena itu, sebaiknya pertimbangkan dengan cermat margin keuntungan yang akan Anda peroleh dan sesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Tidak ada salahnya Anda pelajari dulu Strategi Menentukan Harga Jual di Shopee.

3. Pilih Produk yang Punya Permintaan Stabil

Memilih produk yang memiliki permintaan stabil berarti memilih produk yang selalu dibutuhkan oleh pelanggan secara terus-menerus, tidak hanya pada saat tertentu saja.

Misalnya, produk sembako seperti beras atau minyak goreng memiliki permintaan yang stabil karena dibutuhkan setiap hari oleh masyarakat konsumsi harian.

Sementara itu, produk seperti jas hujan mungkin hanya memiliki permintaan yang tinggi pada musim hujan saja.

Dengan memilih produk yang memiliki permintaan yang stabil, Anda bisa lebih yakin bahwa produk tersebut akan selalu laku terjual, dan tidak hanya terjual pada saat-saat tertentu saja.

Baca Juga:  Apakah Shopee PayLater Aman? Cek Faktanya di Sini!

Memilih produk yang memiliki permintaan yang stabil juga dapat membantu Anda dalam mengelola stok dan menentukan strategi marketing yang tepat.

Jika Anda menjual produk yang memiliki permintaan yang tinggi pada saat-saat tertentu saja, Anda mungkin akan kesulitan dalam menentukan kapan harus memproduksi atau membeli stok produk tersebut, karena tidak tahu kapan permintaan akan muncul lagi.

Sedangkan jika Anda menjual produk yang memiliki permintaan yang stabil, Anda bisa lebih mudah menentukan jumlah stok yang perlu Anda siapkan, serta menentukan strategi marketing yang tepat untuk menarik minat pelanggan terhadap produk tersebut.

Selain itu, memilih produk yang memiliki permintaan yang stabil juga dapat membantu Anda dalam mengelola keuangan bisnis Anda dengan lebih baik.

Jika Anda menjual produk yang hanya laku terjual pada saat-saat tertentu saja, maka pendapatan Anda juga akan tergantung pada waktu tersebut

Sedangkan jika Anda menjual produk yang memiliki permintaan yang stabil, maka pendapatan Anda juga akan stabil, sehingga lebih mudah untuk diprediksi dan diatur.

4. Pilih Produk yang Memiliki Banyak Keunggulan

Memilih produk yang punya banyak keunggulan dibanding produk lain berarti memilih produk yang memiliki fitur atau kualitas yang lebih baik daripada produk lain yang ada di pasaran.

Dengan demikian, produk tersebut akan lebih mudah dijual kepada pelanggan, karena produk tersebut dianggap lebih bernilai dan lebih layak dibeli daripada produk lainnya.

Selain itu, produk yang memiliki banyak keunggulan juga akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan dan lebih mudah dibedakan dari produk lain yang tersedia di pasaran.

Hal ini akan membantu Anda dalam menarik minat pelanggan terhadap produk Anda, dan memperluas jangkauan pasar produk tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa memilih produk yang memiliki banyak keunggulan tidak selalu mudah.

Anda harus melakukan riset pasar dan menentukan kebutuhan dan keinginan pelanggan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menjual suatu produk.

Dengan demikian, Anda bisa memastikan bahwa produk yang Anda pilih memang memiliki keunggulan yang dibutuhkan oleh pelanggan, dan akan lebih mudah dijual di pasar.

Itulah cara memilih barang yang tepat untuk dijual di Shopee.

Kesimpulan

Menjual barang yang tepat adalah kunci sukses jualan di Shopee.

Memilih barang-barang populer yang banyak dicari, serta menetapkan harga yang kompetitif, akan membawa dampak positif bagi bisnis Anda.

Membangun hubungan dengan pelanggan juga penting, karena pelanggan yang puas akan memberikan review yang sangat berharga untuk toko Anda.

Baca juga: Kesalahan Saat Jualan di Shopee yang Sebaiknya Anda Hindari

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *