fbpx

Cara Membuat Voice Note Sekali Dengar di WhatsApp

Di era digital ini, privasi menjadi semakin penting dalam komunikasi online. Kita sering kali ingin berbagi informasi pribadi atau rahasia dengan orang lain, namun di saat yang sama, kita juga ingin memastikan bahwa informasi tersebut tidak disalahgunakan atau disebarluaskan tanpa izin.

WhatsApp, salah satu aplikasi chatting yang sering kita gunakan, telah memperkenalkan fitur inovatif bernama View Once Voice Note untuk menjawab kebutuhan privasi kita sebagai penggunanya.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim voice note yang hanya dapat didengarkan sekali oleh penerima. Setelah didengarkan, pesan suara tersebut akan otomatis terhapus dan tidak dapat diputar ulang.

Fitur View Once Voice Note menawarkan beberapa manfaat signifikan:

  • Menjaga Privasi: Pesan suara yang hanya dapat didengarkan sekali membantu menjaga privasi Anda dan penerima. Anda tidak perlu khawatir tentang pesan yang dibagikan ulang atau direkam tanpa izin.
  • Meningkatkan Keamanan: Dengan fitur ini, Anda dapat mengurangi risiko penyalahgunaan pesan suara, seperti penipuan atau penyebaran informasi yang salah.
  • Memberikan Kontrol Lebih Besar: Anda memiliki kontrol penuh atas siapa yang dapat mendengarkan pesan suara Anda dan berapa lama mereka dapat mendengarkannya.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara membuat voice note sekali dengar tersebut, sekaligus memberikan beberapa tips dan trik tambahan untuk membantu Anda memanfaatkan fitur ini secara maksimal.

Mari kita mulai.

Langkah-langkah Membuat Voice Note Sekali Dengar

Berikut adalah cara membuat voice note sekali dengar di WhatsApp:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Buka chat orang yang Anda ingin kirim voice note.
  3. Tekan dan tahan ikon mikrofon di kolom pesan, kemudian tarik jari Anda ke atas untuk mengunci perekaman dan Anda akan melihat ikon view once (lingkaran dengan angka 1 di tengahnya).
Baca Juga:  Cara Membuat Polling di WhatsApp Grup (Android & iPhone)
  1. Klik ikon view once tersebut.
  2. Jika sudah selesai merekam voice note-nya, silahkan kirim.

Maka penerima pesan tersebut akan langsung menerima voice note Anda dengan keterangan “Voice message set to view once”, yang artinya pesan suara tersebut dibuat hanya bisa didengar satu kali.

pesan voice note yang hanya bisa didengar sekali

Setelah penerima mendengar voice note-nya, maka pesan tersebut akan berubah menjadi “Opened” dan tidak bisa didengar lagi.

tanpa pesan voice note telah didengar

Catatan Tambahan Berkaitan dengan Voice Note Sekali Dengar

Ada beberapa tips dan catatan ketika Anda menggunakan fitur ini:

  • Pastikan Penerima Telah Memperbarui WhatsApp: Agar fitur View Once Voice Note berfungsi dengan baik, pastikan penerima pesan menggunakan WhatsApp versi terbaru.
  • Buat Voice Note yang Singkat dan Jelas: Sebaiknya buat Voice Note yang singkat dan jelas agar mudah didengarkan dan dipahami oleh penerima.
  • Pahami Batasan Fitur View Once: Perhatikan bahwa Voice Note yang telah didengar tidak dapat diputar ulang dan pesan View Once tidak dapat diteruskan.
  • Gunakan Fitur Ini dengan Bijak: Gunakan fitur View Once Voice Note dengan bijak dan hanya untuk pesan yang bersifat rahasia atau sensitif.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah membuat Voice Note Sekali Dengar di WhatsApp dan menjaga privasi komunikasi Anda.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *