fbpx

Cara Agar Penyimpanan WhatsApp Tidak Penuh

Saat ini, rasa-rasanya hampir semua orang menggunakan WhatsApp untuk berkomunikasi dengan keluarga, kolega bahkan klien. Hal ini dikarenakan WhatsApp memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan kita dalam hal komunikasi.

Namun, dibalik semua kemudahan yang ditawarkannya, bukan berarti WhatsApp tidak memiliki potensi masalah, salah satu masalah yang sering terjadi adalah masalah penyimpanan yang cepat penuh.

Notifikasi “Penyimpanan Penuh” tentu sangat mengganggu kita sebagai pengguna WhatsApp, karena hal ini dapat menghambat komunikasi, mengganggu aktivitas, sehingga mengganggu produktivitas.

Apa yang terjadi ketika penyimpanan penuh?

Aplikasi WhatsApp akan berjalan lambat, beberapa pesan mungkin akan tertunda, dan gambar yang tidak bisa didownload.

Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana cara mengatasi masalah penyimpanan WhatsApp yang cepat penuh, sehingga kita dapat berkomunikasi dengan nyaman.

Cara Mengatasi Agar Penyimpanan WhatsApp Tidak Cepat Penuh

Sebelum ke langkah-langkah praktisnya, penting bagi Anda untuk memahami perihal penyimpanan di WhatsApp ini.

Ketika kita menggunakan aplikasi WhatsApp, itu artinya kita sudah mengizinkan aplikasi tersebut mengakses ruang penyimpnana di HP kita.

Apa saja file yang tersimpan di HP kita?

Kurang lebih inilah beberapa jenis file yang memakan kapasitas penyimpanan kita ketika menggunakan WhatsApp:

  • Foto: Foto yang diterima dan dikirim dalam chat personal dan grup.
  • Video: Video yang diterima dan dikirim dalam chat personal dan grup.
  • Voice note: Rekaman suara yang dikirim dalam chat personal dan grup.
  • Dokumen: File dokumen seperti PDF, Word, Excel, dan lainnya yang dishare dalam chat.
  • Sticker: Sticker yang kita download dan kita gunakan saat chatting.
  • Wallpaper: Wallpaper yang digunakan untuk mempercantik tampilan chat.
  • Cache: Data sementara yang disimpan untuk mempercepat performa aplikasi.
Baca Juga:  Cara Memeriksa & Mengaktifkan Fitur Keamanan Privasi di WA

Banyak bukan?

Maka dari itu jangan heran kalau kapasitas penyimpanan kita cepat penuh, apalagi jika kita menggunakan WhatsApp cukup intens dan kapasitas HP kita tidak terlalu besar.

Berikut adalah cara agar penyimpanan WhatsApp tidak cepat penuh:

1. Nonaktifkan Auto-download Media

Secara default, setiap foto atau video yang Anda terima di WhatsApp, akan otomatis ter-download, sehingga Anda dapat melihat foto atau video tersebut.

Hal ini tentu akan memakan ruang penyimpanan HP Anda, karena tanpa Anda sadari, mungkin puluhan bahkan ratusan gambar Anda terima melalui WhatsApp setiap harinya, baik melalui chat personal maupun dari WhatsApp Group.

Kabar baiknya, Anda dapat fitur menonaktifkan auto download ini, agar WhatsApp tidak otomatis mendownload gambar yang Anda terima, Anda bisa pilih mana yang ingin Anda lihat mana yang tidak.

Caranya, buka aplikasi WhatsApp > Pilih menu Setting > Storage and data > Media auto-download. Nah di sini Anda bisa pilih file apa saja yang boleh auto download dan file apa saja yang tidak boleh.

Kemudian Anda pun dapat memilih fitur auto-download ini hanya aktif jika terkoneksi Wi-Fi saja atau bisa ketika koneksi menggunakan data seluler.

2. Hapus konten yang tidak lagi dibutuhkan

Secara berkala, Anda bisa cek galeri atau file manager di HP Anda, kemudian Anda bisa review file mana saja yang sudah tidak Anda butuhkan, jika ada, Anda bisa mulai menghapusnya.

Misalkan foto-foto random yang dikirim oleh member grup, atau dokumen-dokumen yang sudah lama tidak dibuka.

Intinya lakukan review secara berkala misalkan 1 bulan sekali, dan hapus konten yang tidak perlu, karena hal tersebut dapat mengosongkan ruang penyimpanan HP Anda.

3. Keluar dari grup yang tidak aktif

Berdasarkan pengalaman kami, file yang paling banyak tersimpan di HP adalah file-file yang bersumber dari grup, baik grup teman-teman hingga grup pekerjaan.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah di WhatsApp

Jika Anda mempunyai banyak grup, dan grup tersebut aktif, misalkan grup pekerjaan, maka Anda bisa lakukan tips poin 2 yaitu lakukan review dan hapus file yang tidak dibutuhkan secara berkala.

Namun, jika di HP Anda ada grup yang tidak aktif, atau Anda di sana tidak berkontribusi apapun, maka saran kami keluarlah dari grup tersebut, karena grup tersebut hanya akan mengambil jatah ruang penyimpanan Anda, tapi tidak memberi value apa-apa untuk diri Anda.

4. Pakai penyimpanan eksternal

Kalau Anda merasa semua file tersebut penting, Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan penyimpanan eksternal seperti micro SD atau penyimpanan berbasis cloud seperti Google Drive, Dropbox, dll.

Anda dapat memindahkan file-file tersebut ke sana, sehingga penyimpanan di HP Anda tidak cepat penuh.

5. Upgrade HP

Jika Anda memiliki budget lebih, Anda bisa mempertimbangkan untuk upgrade HP dengan HP yang memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.

Saat ini, sudah banyak HP yang kapasitas penyimpanannya lebih dari 100 GB, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan notifikasi “Penyimpanan Penuh”, karena dengan kapasitas penyimpanan yang besar, tentu notifikasi tersebut tidak akan muncul.

Dengan menerapkan strategi dan tips yang telah dibagikan dalam artikel ini, Anda dapat menjaga penyimpanan WhatsApp Anda tetap rapi dan bebas dari notifikasi “Penyimpanan Penuh”.

Selamat mencoba!

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *