fbpx

2 Cara Menonaktifkan Tanda Baca di Instagram

Instagram adalah salah satu platform media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan. Instagram memungkinkan pengguna untuk berbagi foto, video, cerita, dan pesan langsung (DM) dengan pengikut mereka.

Namun, ada kalanya anda mungkin tidak ingin orang lain tahu bahwa anda telah membaca pesan mereka di Instagram. Apakah ada cara untuk menonaktifkan tanda baca di Instagram?

Tanda baca adalah fitur yang menunjukkan kepada pengirim bahwa anda telah membaca pesan mereka. Tanda baca biasanya berupa indikator “Read” atau “Seen” yang muncul di bawah pesan terakhir dalam aliran pesan.

Tanda baca dapat berguna untuk memastikan bahwa pesan anda telah sampai dan diterima dengan baik oleh penerima. Namun, tanda baca juga dapat menimbulkan beberapa masalah, seperti:

  • Tekanan untuk merespons segera pesan, terutama jika pesan tersebut bersifat penting, mendesak, atau sensitif.
  • Drama atau konflik yang terjadi karena tidak merespons pesan, terutama jika pengirim merasa diabaikan, tersinggung, atau marah.
  • Gangguan privasi atau kebebasan, karena pengirim dapat melacak kapan anda online, kapan anda membaca pesan, dan kapan anda menulis balasan.

Untuk mengatasi masalah-masalah ini, Instagram telah meluncurkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk menonaktifkan tanda baca untuk pesan langsung (DM).

Fitur ini memberikan pengguna kontrol untuk menentukan kapan indikator “Read” dan “Seen” muncul atau tidak untuk pengirim dalam aliran pesan.

Fitur ini dapat berguna untuk menghindari tekanan atau drama yang terkait dengan tidak merespons segera pesan. Fitur ini juga dapat bermanfaat bagi merek, dalam mengelola harapan pelanggan.

Cara Menonaktifkan Tanda Baca Melalui Pengaturan Instagram

Cara pertama untuk menonaktifkan tanda baca di Instagram adalah melalui pengaturan Instagram.

Anda dapat menonaktifkan tanda baca untuk semua pesan atau untuk pesan tertentu. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel anda dan ketuk ikon Pesan di pojok kanan atas layar.
  • Anda akan melihat daftar semua pesan yang anda terima atau kirim. Pilih pesan yang ingin anda nonaktifkan tanda bacanya, atau ketuk ikon Edit di pojok kanan atas untuk memilih beberapa pesan sekaligus.
  • Ketuk nama pengguna atau nama obrolan grup di bagian atas layar. Anda akan melihat detail obrolan, seperti anggota, foto profil, dan opsi lainnya.
  • Ketuk Privacy & Safety. Anda akan melihat beberapa pengaturan privasi dan keamanan, seperti blokir, melaporkan, atau menghapus obrolan.
Baca Juga:  Cara Mematikan Status Online Instagram, Privasi Tetap Aman
Cara Menonaktifkan Tanda Baca di Instagram
  • Geser tombol Read Receipts ke kiri untuk menonaktifkannya. Anda akan melihat bahwa tombol berubah menjadi abu-abu dan ada tanda centang di sebelahnya.
  • Kembali ke kotak masuk anda. Anda akan melihat bahwa indikator “Read” atau “Seen” tidak lagi muncul di bawah pesan terakhir dalam obrolan yang anda pilih. Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk obrolan lain yang ingin anda nonaktifkan tanda bacanya.

Perlu dicatat bahwa fitur ini bersifat timbal balik, artinya jika anda menonaktifkan tanda baca untuk obrolan tertentu, anda juga tidak akan dapat melihat tanda baca dari pengirim dalam obrolan tersebut.

Fitur ini juga tidak berlaku untuk pesan yang dikirim sebelum anda menonaktifkan tanda baca. Jika anda ingin mengaktifkan kembali tanda baca, anda dapat mengikuti langkah-langkah yang sama dan menggeser tombol Read Receipts ke kanan.

Cara Menonaktifkan Tanda Baca Dengan Mode Pesawat

Cara kedua untuk menonaktifkan tanda baca di Instagram adalah dengan menggunakan mode pesawat.

Mode pesawat adalah fitur yang memutus koneksi internet ponsel anda, sehingga anda tidak dapat mengirim atau menerima panggilan, pesan, atau data lainnya.

Anda dapat menggunakan mode pesawat untuk membaca pesan di Instagram tanpa memberi tahu pengirim bahwa anda telah membacanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Buka aplikasi Instagram di ponsel anda dan ketuk ikon Pesan di pojok kanan atas layar. Anda ingin pesan dimuat (tetapi tunggu untuk membuka atau membacanya!).
  • Nyalakan mode pesawat. Anda juga ingin memastikan bahwa Wi-Fi dimatikan saat mengaktifkan mode pesawat. Simbol Wi-Fi harus berwarna abu-abu atau memiliki garis melintang. Untuk Android, geser ke bawah untuk membuka panel Pengaturan Cepat (geser ke bawah untuk kedua kalinya jika anda tidak melihat ikon mode pesawat). Ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkan mode pesawat. Untuk iPhone, geser ke bawah dari bagian atas layar anda untuk membuka Control Center, lalu ketuk ikon pesawat.
  • Baca pesan apa pun di Instagram. Kembali ke aplikasi anda dan ketuk pesan di Kotak Masuk yang ingin anda baca. Saat mode pesawat aktif, ponsel anda tidak mengirim sinyal apa pun ke luar! Jadi Instagram tidak akan dapat memperbarui bahwa anda sedang membaca pesan.
  • Keluar dan tutup aplikasi. Meskipun menutup paksa aplikasi (sehingga tidak berjalan di latar belakang) mungkin berhasil sendiri, anda ingin keluar untuk berjaga-jaga. Pergi ke Pengaturan > Keluar (menu Pengaturan ada di menu tiga garis). Untuk menutup aplikasi, geser ke atas dari bagian bawah layar anda (atau ketuk tiga garis) dan geser aplikasi Instagram ke kanan untuk menutupnya (atau ketuk Tutup Semua jika anda melihatnya).
  • Matikan mode pesawat. Sekarang setelah anda keluar dan menutup Instagram, anda dapat mematikan mode pesawat dengan mengulangi langkah yang anda ambil untuk menghidupkannya. Untuk Android, geser ke bawah untuk membuka panel Pengaturan Cepat (geser ke bawah untuk kedua kalinya jika anda tidak melihat ikon mode pesawat). Ketuk ikon pesawat untuk mematikan mode pesawat. Untuk iPhone, geser ke bawah dari bagian atas layar anda untuk membuka Control Center, lalu ketuk ikon pesawat. Ponsel anda akan terhubung kembali ke internet dan anda dapat masuk kembali ke akun Instagram anda.
Baca Juga:  Ide Konten Instagram untuk 30 Hari

Dengan cara ini, anda dapat membaca pesan di Instagram tanpa memberi tahu pengirim bahwa anda telah membacanya. Namun, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan, seperti:

  • Anda tidak dapat menulis atau mengirim balasan saat mode pesawat aktif. Anda harus menonaktifkan mode pesawat terlebih dahulu sebelum anda dapat berinteraksi dengan pesan.
  • Anda tidak dapat melihat konten media, seperti foto atau video, yang dikirim dalam pesan, kecuali anda telah mengunduhnya sebelumnya. Anda harus menonaktifkan mode pesawat terlebih dahulu sebelum anda dapat melihat konten media.
  • Anda tidak dapat menggunakan fitur lain di Instagram, seperti melihat cerita, mengeksplorasi, atau memposting, saat mode pesawat aktif. Anda harus menonaktifkan mode pesawat terlebih dahulu sebelum anda dapat menggunakan fitur lain.

Dengan menonaktifkan tanda baca, anda dapat menghindari tekanan atau drama yang terkait dengan tidak merespons segera pesan, tetapi anda juga harus berhati-hati dengan risiko yang mungkin timbul.

Anda harus menggunakan fitur ini dengan bijak dan bertanggung jawab, dan tidak melupakan etika dan norma sosial dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Share your love

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *