fbpx
Lompat ke konten
Home » 6 Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS

6 Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS

Memilih laptop bisnis terbaik sangatlah penting, terutama jika laptop tersebut digunakan untuk menunjang aktivitas bisnis dan produktivitas harian dalam menjalankan bisnis.

Artikel ini akan membahas bagaimana kriteria laptop bisnis terbaik, sekaligus menampilkan jajaran laptop bisnis dari ASUS yang mungkin bisa jadi pilihan Anda.

Mari kita mulai dengan 5 kriteria wajib yang harus ada di laptop bisnis versi Ukamers.

5 Kriteria Laptop Bisnis Terbaik

Saat hendak memilih laptop untuk keperluan bisnis, ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan.

Berikut ada 5 kriteria wajib yang menurut kami harus dimiliki oleh laptop supaya bisa menunjang aktivitas bisnis.

1. Sistem Keamanan

Aspek penting yang harus Anda pertimbangkan pada sebuah laptop adalah sistem keamanan yang digunakan.

Dalam bisnis, data adalah hal penting, sekali data bocor atau digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, maka akan berdampak buruk pada bisnis yang sedang dijalankan.

Maka dari itu, bagi seorang pebisnis, keamanan data adalah hal yang tidak bisa ditawar lagi.

Jadi pilihlah laptop yang mempunyai sistem keamanan yang tinggi. Kalau perlu gunakanlah laptop dengan keamanan yang sudah disesuaikan untuk level persuahaan.

2. Fleksibilitas

Setelah sistem keamanan, kriteria laptop bisnis selanjutnya adalah fleksibilitas. Sefleksibel apa laptop tersebut saat digunakan.

Karena sebagai pebisnis, Anda tidak mungkin seharian duduk dimeja kerja, selalu ada momen yang mengharuskan Anda mobile dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, dari satu tempat ke tempat lainnya.

Maka dari itu, laptop yang fleksibel haruslah jadi pertimbangan.

3. Desain

Walaupun bukan hal yang sangat krusial, aspek desain pun tetap harus diperhitungkan.

Kenapa laptop bisnis itu harus punya desain yang elegan?

Sebagai pebisnis, pasti ada saatnya kita diminta untuk presentasi, bertemu klien, vendor, dan meeting rutin.

Menggunakan laptop dengan desain elegan akan meningkatkan rasa percaya diri saat kita menggunakannya di depan orang lain.

4. Kapasitas Penyimpanan

Agar data tersimpan dengan aman, Anda butuh kapasitas penyimpanan yang besar.

Apalagi jika bisnis Anda punya arsip data yang cukup banyak, baik berupa dokumen, foto, hingga video-video perusahaan.

Dengan kapasitas penyimpanan yang besar, Anda bisa menyimpan data apapun dalam satu tempat, tidak perlu pindah-pindah drive, semuanya bisa diakses di satu tempat.

5. Port Konektivitas

Kriteria wajib terakhir adalah memiliki port konektivitas yang lengkap.

Karena kalau kita perhatikan, akhir-akhir ini banyak sekali pabrikan laptop yang berlomba-lomba membuat laptop yang ringan dan tipis, alhasil beberapa port harus dihilangkan, seperti port LAN, HDMI dan beberapa port lain yang punya ukuran cukup besar.

Padahal, dalam beberapa kondisi port-port ini sangatlah penting.

Itulah sebabnya laptop bisnis hendaknya punya port yang lengkap sehingga bisa tetap optimal dalam berbagai kondisi.

Selanjutnya Anda akan melihat beberapa laptop bisnis terbaik yang dikeluarkan oleh ASUS.

Laptop Bisnis Terbaik 2022 dari ASUS

1. ASUS ExpertBook B9450

Rekomendasi pertama adalah ASUS ExpertBook B9450.

ASUS ExpertBook B9450 adalah laptop bisnis terbaik dari ASUS
Sumber: asus.com

Ini merupakan laptop bisnis dari ASUS yang memenuhi semua kriteria yang sudah kita bahas di atas, bahkan banyak fitur tambahan lainnya.

ASUS mengklaim kalau seri ini merupakan The world’s lightest 14” business laptop, laptop bisnis paling tipis dengan ukuran layar 14 inchi di seluruh dunia.

Mari kita lihat alasan kenapa ASUS ExpertBook B9450 ini sangat pas menyandang gelar tersebut.

Keunggulan ASUS ExpertBook B9450

1. Punya bobot yang ringan dan body tipis

Laptop ASUS ExpertBook B9450 ini menggunakan sasis berbahan magnesium-lithium alloy sehingga mempunyai bobot lebih ringan dari laptop lainnya. Bobot laptop ini hanya 870g, tidak sampai 1 kg.

Selain ringan, laptop ini pun mempunyai body yang tipis, hanya 14.9mm. Menjadikan laptop ini sangat ringkas dan bisa menunjang produktivitas Anda sepanjang waktu.

2. Anti lelet

Dengan dukungan prosesor hingga Intel® Core™ i7 yang terkenal cepat dan responsif, dijamin laptop ini tidak akan lelet. Semua pekerjaan pasti bisa diselesaikan dengan cepat.

Ditambah lagi dengan adanya dual SSD up to 1 TB yang memungkinkan Anda mengakses data dengan cepat dan memberikan ruang penyimpanan yang lebih besar.

Anda sedang buru-buru dan butuh akses cepat, bisa!

Anda punya file dengan ukuran besar, aman!

Semuanya bisa di-handle oleh ASUS ExpertBook B9450 ini.

3. Baterai awet

Laptop ini sudah dilengkap dengan teknologi Panel Self Refresh, yang berfungsi menghemat energi dan mengatur supaya konsumsi daya lebih rendah, sehingga baterai akan jeuh lebih awet.

Dengan pemakaian yang tidak terlalu berat, laptop ini bisa tahan hingga 24 jam. Anda bisa mengerjakan task bisnis di manapun tanpa perlu cari colokan untuk charge.

Kalaupun Anda lupa charge, laptop ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging. Bayangkan, untuk mencapai daya 60% Anda hanya butuh waktu kurang lebih 39 menit saja.

4. Port konektivitas lengkap

Untuk memudahkan produktivitas, kelengkapan port nampaknya harus jadi perhatian, terutama bagi para pebisnis.

Walaupun tampil dengan body yang tipis, ASUS ExpertBook B9450 masih punya port konektivitas lengkap yang bisa mendukung di segala situasi.

  • Port Thunderbolt 3 USB-C™, yang berfungsi untuk mengisi baterai dan transfer data jadi lebih cepat. Zaman sekarang kayaknya kurang afdol kalau laptop belum pakai USB C.
  • Port HDMI, yang berfungsi untuk melewatkan sinyal audio dan video berkualitas tinggi. Ini akan bermanfaat saat Anda harus presentasi di depan klien atau partner bisnis Anda.
  • Port RJ45, walaupun laptop ini punya body yang tipis, Anda tetap bisa menggunakan kabel RJ45 untuk koneksi internet yang lebih stabil atau lebih umum dikenal dengan kabel LAN, Anda bisa menghubungkannya melalui port micro HDMI.
  • Port USB 3.1 Gen 2, dengan segala kecanggihannya, ASUS tetap menyisipkan port USB 3.1 Gen 2, karena harus kita sadari bahwa port ini adalah port paling umum yang dimiliki oleh semua jenis laptop, sehingga memudahkan proses transfer data.
  • Port Audio Jack, classic but gold, itulah yang bisa mewakili kehadiran port audio jack di laptop ASUS ini, ditengah berkembangnya teknologi TWS yang kian gencar, port audio jack tetap sangat berharga.
5. Desain premium

ASUS ExpertBook B9450 hadir dengan desain yang premium, sehingga memberikan pengalaman terbaik saat digunakan.

Selain look yang terlihat mahal, laptop ini pun memberikan kenyamanan dengan fitur-fitur lain yang sekaligus bisa meningkatkan produktivitas Anda sebagai pebisnis.

Berikut adalah beberapa contoh desian premium yang ditawarkan oleh ASUS ExpertBook B9450.

  • NumberPad. NumberPad biasanya hanya ada di keyboard PC standar, karena ukurannya yang besar, NumberPad sering kita jumpai di bagian kanan keyboard. Pada laptop, biasanya numberpad ini akan dihilangkan demi mendapatkan ukuran laptop yang lebih ringkas. Namun lain halnya dengan ASUS ExpertBook B9450 ini, laptop ini tetap memiliki NumberPad yang disematkan di TouchPad, sehingga secara ukuran tidak berubah, tetap ringkas.
  • Backlit Keyboard. Salah satu fitur yang membedakan antara laptop premium dan entri level adalah backlit keyboard. Bagi seorang pebisnis fitur ini bisa dibilang penting, karena akan sengat membantu kalau Anda harus mengetik di suasana yang gelap seperti di dalam kabin pesawat.
  • Engsel ErgoLift. Dengan engsel ErgoLift, laptop ExpertBook seri B9 ini secara otomatis akan mengangkat bagian depan laptop yang membuat posisi mengetik jauh lebih nyaman. Selain itu, engsel ErgoLift ini juga berfungsi untuk melancarkan aliran udara panas yang dikeluarkan oleh laptop, sehingga laptop tetap dingin.
  • Spill-Resistant Keyboard. Anda tidak perlu khawatir saat laptop ini secara tidak sengaja kena tumpahan air, dengan fitur Spill-Resistant Keyboard, laptop tetap aman dan terlindungi, karena air akan mudah dikeringkan dan dibersihkan.
  • Tombol Shortcuts. Untuk mempercepat akses ke fitur-fitur khusus seperti webcam, screen capture, naik turun volume, semuanya bisa Anda lakuakn melalui tombol-tombol shortcut, atau ASUS menyebutnya dengan Function Keys.
6. Kualitas audio visual yang mengagumkan

ASUS ExpertBook B9450 mempunyai layar 14 inchi dengan teknologi NanoEdge Display yang membuat layar laptop ini terasa lebih lebar karena bazel yang tipis hanya 4mm saja.

Di atas kertas, screen-to-body ratio nya mencapai 94%. Simpelnya laptop ini bagian layarnya hampir layar semua.

Layar laptop ini pun sudah dilengkapi dengan panel anti-glare, yang berfungsi mengurangi pantulan cahaya dan visual tetap terlihat cerah walaupun di lingkungan yang terang.

Dengan adanya panel anti-glare ini, mata Anda tidak akan mudah lelah walaupun berjam-jam di depan laptop.

Tidak hanya layar, audio laptop ini pun sangat imersif berkat penggunaan teknologi dari Harman Kardon.

Siapa yang meragukan kualitas audio dari Harman Kardon, bahkan mobil-mobil premium seperti BMW mempercayakan urusan audio mereka ke Harman Kardon.

Sekarang teknologi tersebut sudah bisa Anda rasakan di laptop ASUS ExpertBook B9450 ini.

7. Keamanan level perusahaan

Seperti yang sudah saya mention di awal, salah satu kriteria wajib untuk laptop bisnis ialah mempunya tingkat keamanan yang tinggi.

Dan laptop ASUS ExpertBook B9450 adalah jawabannya. Terbukti dari beberapa fitur keamanan yang disematkan pada laptop ini.

  • Fingerprint Sensor. Dengan teknologi fingerprint sensor, laptop akan jauh lebih aman karena hanya Anda yang bisa mengakses data di dalamnya. Sistem hanya akan mengenali sidik jari Anda untuk login.
  • IR Camera. Seperti halnya sidik jari, IR camera ini pun berfungsi untuk keamanan login, namun teknologi ini menggunakan sistem biometric, sehingga sistem hanya akan terbuka jika sistem mengenali wajah Anda.
  • Webcam Shield. Agar tidak disalahgunakan oleh hacker atau pihak yang tidak bertanggungjawab, laptop ini dilengkap dengan pelindung webcam yang bisa Anda tutup saat tidak digunakan, berjaga-jaga kalau webcam Anda disadap oleh hacker.
  • Kensington Lock Slot. Kalau 3 poin di atas merupakan keamana dari sisi sistem, maka dengan hadirnya kenshington lock slot akan mengamankan laptop dari segi fisik. Laptop bisa dikunci untuk menghindari pencuri membawa laptop Anda.

Spesifikasi ASUS ExpertBook B9450

  • Operating system: Windows 10 Pro / Windows 10 Home
  • Processor: Intel® Core i7-10510 processor / Intel® Core i5-10210 processor
  • Graphics: Integrated Intel® UHD Graphics 620
  • Display: 14” LED-backlit, IPS Full HD (1920 x 1080), 16:9 aspect, anti-glare screen, 300nits brightness display4mm-thin bezel with 94% screen-to-body ratioWide 100% sRGB color gamut (NTSC: 72%)IPS-level wide-view technology
  • Memory: 8GB / 16GB 2133MHz LDDR3 onboard (dual channel support)
  • Storage: Dual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4, 512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
  • Interfaces: 2 x Thunderbolt 3 USB-C (up to 40Gbps, DisplayPort and power delivery support), 1 x USB 3.1 Gen 2 Type-A, 1 x HDMI1 x RJ45 LAN via micro HDMI port, 1 x Kensington® lock slot, 1 x Audio combo jack
  • Wireless Connectivity: Wi-Fi 6 (802.11ax), Bluetooth 5.0, LAN chip onboard with fixed Mac address
  • Battery and Power: Up to 24 hours battery life*, 65W AC adapter with fast charging support

Harga ASUS ExpertBook B9450

Mulai dari Rp. 23.999.000 (harga di situs asus.com)

2. ASUS ExpertBook P2451

ASUS ExpertBook P2451F
Sumber: asus.com

Rekomendasi kedua adalah laptop ASUS ExpertBook P2451 yang mempunyai bobot super ringan hanya 1,5 kg.

Itu berarti Anda bisa membawanya kemana saja dan bekerja dari mana saja.

Selain itu, laptop ini sudah menggunakan teknologi NanoEdge Display yang menjadikan layar terasa lebih lega karena bazel yang tipis di kedua sisinya.

Baca Juga  15 Aplikasi Jual Pulsa Harga Murah yang Cocok untuk Tambah Penghasilan

Berikut beberapa fitur pelengkap yang ada di laptop ASUS ExpertBook P2451:

  • Menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 generasi terbaru yang membuat kinerja laptop semakin cepat dan mendukung aktivitas bisnis harian
  • Memiliki port yang lengkap dari mulai USB type C hingga slot mircoSD
  • Mempunyai build quality yang bagus karena terbuat dari Aluminum Alloy Lid
  • Laptop ini sudah mempunyai standar militer US MIL-STD 810G sehingga menjadi laptop ini tangguh dari berbagai keadaan seperti jatuh, terbentur hingga kondisi suhu yang ekstrem
  • Keyboard yang ergonomis sehingga sensasi mengetik seperti mengetik di desktop dan dilengkapi juga dengan backlit keyboard

Laptop ini pun telah dilengkapi dengan fitur 180° lay-flat hinge sehingga layar laptop bisa dibuka sampai datar, hal ini sangat berguna jika ada konten-konten yang harus dilihat secara bersamaan.

Harga ASUS ExpertBook P2451

Mulai dari Rp 14.099.500 (harga di situs bhinneka.com)

3. ASUS ExpertBook P1440

ASUS ExpertBook P2451FB
Sumber: asus.com

Rekomendasi berikutnya adalah laptop ASUS ExpertBook P1440.

Di atas kertas, laptop ini mempunya fitur yang hampir sama dengan laptop bisnis terbaik dari ASUS lainnya, namun ada satu hal yang menarik dari laptop ini, sistem keamanannya.

Laptop ini menggunakan chip TPM 2.0 yang berfungsi menyimpan informasi otentikasi dengan aman seperti kata sandi dan kunci enkripsi lainnya.

Dengan teknologi ini, sistem akan memblokir akses PC jika terdeteksi ada ancaman keamanan saat boot-up.

Selebihnya, laptop ini punya fitur yang sama premiumnya dengan laptop ASUS untuk bisnis lainnya:

  • Mempunyai layar yang bisa dibuka sampai 180 derajat
  • Punya port koneksi yang lengkap
  • Sudah mendapatkan label military grade
  • Prosesor yang ngebut

Terakhir, laptop ini menggunakan layar yang anti silau karena menggunakan lapisan matte khusus sehingga mengurangi pantulan yang tidak diinginkan dan membantu meningatkan warna, kontras dan ketajaman layar.

Anda harus bekerja di luar ruangan? Tidak masalah karena layar laptop ini tetap terang walaupun di luar ruangan.

Harga ASUS ExpertBook P1440

Mulai dari Rp 13.228.500 (harga di situs bhinneka.com)

4. ASUS Chromebook Flip C434

ASUS Chromebook Flip C434TA
Sumber: asus.com

Rekomendasi berikutnya adalah ASUS Chromebook Flip C434.

Dari namanya saja tentu kita sudah tau bahwa fitur paling menonjol pada laptop ini adalah layar yang bisa di-flip sehingga mirip seperti tab/tablet.

Sama dengan laptop-laptop sebelumnya, ASUS Chromebook Flip C434 juga mempunyai tampilan yang stylish dan kontemporer.

Laptop ini pun telah dilengkapi dengan fitur NanoEdge Display dengan bazel yang tipis dan screen-to-body ratio mencapai 87% dan engsel ErgoLift 360° sehingga layar laptop bisa dilipat ke belakang.

Spesifikasi ASUS Chromebook Flip C434

  • Operating system: Chrome OS
  • Processor: Intel® Core™ i5-8200Y processor, Intel® Core™ m3-8100Y processor
  • Graphics: Integrated Intel® UHD Graphics 615
  • Display: 14” LED-backlit FHD (1920 x 1080) 16:9 standard display, Four-way NanoEdge design with 87% screen-to-body ratio, 5mm-thin side bezel and 7mm bottom bezel, Wide 100% sRGB color gamut, 178° wide-view technology
  • Storage: 32GB/64GB/128GB eMMC

Harga ASUS Chromebook Flip C434

Mulai dari Rp10.360.000 (harga di situs blibli.com)

Laptop untuk Pelaku Usaha Kecil dan Menengah

4 laptop yang kami rekomendasikan di atas adalah laptop bisnis dengan harga diatas 10 juta.

Bagi Anda pelaku usaha kecil dan menangah tidak perlu khawatir, karena ASUS juga menyiapkan laptop bisnis terbaik dengan harga yang lebih terjangkau.

Berikut beberapa pilihannya:

1. ASUS ExpertBook P1410CDA

ASUS ExpertBook P1410CDA
Sumber: asus.com

Pilihan pertama ada ASUS ExpertBook P1410CDA.

Tidak kalah ngebut dengan laptop premium sebelumnya, laptop ini menggunakan Prosesor AMD ® Ryzen  7 3700U dengan dual storage, sehingga membuat performa laptop ini cepat dan efisien.

Butuh port lengkap? Tenang, ASUS ExpertBook P1410CDA ini punya port konektivitas yang lengkap seperti USB C, MicroSD, audio jack, USB 2.0 dan HDMI pun sudah ada.

Hal unik lainnya di laptop ini adalah adanya teknologi EAR HDD Protection, yang berfungsi melindungi HDD dari benturan fisik sehingga meminimalisir kerusakan HDD saat terjatuh atau dalam keadaan terguncang.

Di beberapa situs marketplace, laptop ini dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 6.500.000 – Rp. 7.500.000.

2. ASUS Chromebook Flip C214

ASUS Chromebook Flip C214
Sumber: asus.com

Ingin punya laptop yang bisa di flip tapi budget terbatas? Anda bisa pilih ASUS Chromebook Flip C214.

Walaupun diperuntukkan untuk pelajar, bagi Anda pemilik usaha kecil dan menengah bisa menggunakan laptop ini untuk membantu aktivitas bisnis yang ringan.

Secara tampilan, laptop ini sudah bisa menjadi teman menjalani bisnis kecil, karena sudah memiliki layar touch screen, dan teknologi anti glare.

Untuk mengetik dalam keadaan gelap pun tetap nyaman karena laptop ini sudah mempunya Backlit keyboard.

Di marketplace, harganya mulai dari Rp. 3.700.000 – Rp. 4.500.000

Itulah 6 rekomendasi laptop bisnis terbaik dari ASUS.

Kalau Anda disuruh untuk pilih, kira-kira mau pilih yang mana? Share di kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *