fbpx
Lompat ke konten
Home » 5 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda (Kasir Digital)

5 Aplikasi Kasir Terbaik untuk Bisnis Anda (Kasir Digital)

aplikasi kasir digital

Kehadiran kasir digital atau lebih dikenal dengan point-of-sale (POS) memberikan banyak kemudahan untuk bisnis, fitur yang lengkap dan fleksibilitas adalah daya tarik utama sistem POS ini.

Banyak sekali manfaat point-of-sale, salah satunya memungkinkan bisnis Anda menerima berbagai macam jenis pembayaran, seperti kartu kredit, e-wallet hingga QRIS.

Jika Anda sedang mencari aplikasi kasir terbaik buatan Indonesia, maka kami akan merekomendasikan beberapa aplikasi yang bisa Anda coba.

Aplikasi Kasir Digital Terbaik di Indonesia

Berikut adalah rekomendasi aplikasi point-of-sale atau kasir digital yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda:

1. Moka POS

moka pos aplikasi kasir digital atau point of sale

Moka POS adalah aplikasi kasir digital atau point-of-sale (POS) milik Moka, sebuah perusahaan yang sejak 2020 sudah menjadi bagian dari ekosistem Gojek.

Moka POS menawarkan berbagai solusi untuk kebutuhan operasional bisnis Anda, seperti mengelola penjualan dan lainnya.

Berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh Moka POS:

  • Manajemen pesanan. Jika Anda punya masalah dalam mengelola transaksi, maka Moka POS bisa membantu Anda menylesaikan masalah tersebut. Dengan tampilan yang intuitif membuat Moka POS sngat mudah digunakan. Ditambah lagi Moka POS sudah terintegrasi dengan beragam platform pemesanan makanan online.
  • Banyak pilihan pembayaran. Anda bisa memberikan berbagai pilihan pembayaran kepada pelanggan, dari uang tunai hingga dompet digital, semuanya bisa diterima dengan aman dan cepat.
  • Laporan penjualan. Anda tidak perlu repot-repot membuat laporan penjualan, karena dengan Moka POS Anda bisa melihatnya secara otomatis, dan Anda bisa melihat laporan ini secara harian. Apa saja yang ada dalam laporan? Catatan transaksi hingga jadwal sif karyawan.
  • Laporan stok produk. Untuk meminimalisir stok produk yang tidak sinkron, Anda bisa melihat laporan stok produk di Moka POS, karena setiap ada transaksi yang terjadi, sistem akan menyesuaikan dengan stok produk yang ada di inventori, sehingga jumlah stok yang Anda lihat di laporan akan sama persis dengan kondisi di inventori.
  • Perhitungan pajak. Sistem Moka akan membantu Anda menghitung pajak sesuai ketentuan yang berlaku, sehingga pelanggan bisa membayar sesuai dengan ketentuan.
  • Multi-outlet. Anda punya banyak cabang? Anda bisa mengakses semua laporan cabang yang Anda miliki hanya dalam satu dasbor.
  • Manajemen karyawan. Data Anda akan aman, karena dengan Moka POS Anda bisa mengatur PIN hanya untuk karyawan level tertentu saja.
  • Sif karyawan. Anda bisa mengetahui karyawan mana saja yang sedang bertugas di hari tertentu, sehingga apabila ada hal yang disalahgunakan, maka Anda bisa dengan mudah menelusurinya.
  • Mengatur diskon dan promosi. Anda bisa mengatur promosi atau diskon untuk menarik pelanggan repeat order, dan Anda bisa melakukannya dengan instan.

2. POST

post aplikasi kasir digital terbaik

Aplikasi kasir berikutnya yang bisa Anda coba dalah POST.

POST adalah aplikasi digital yang hadir untuk melengkapi kebutuhan pemilik bisnis mengelola bisnisnya jadi lebih mudah.

Dengan POST, proses pemesanan jadi jauh lebih cepat, bisa menerima pebayaran dengan mudah, adanya laporan keuangan, dan masih banyak fitur lainnya.

Inilah fitur yang dimiliki oleh POST:

  • Record sales. POST bisa mencatat atau me-record semua transaksi dengan mudah. Anda belum terbiasa? Tenang tampilan POST sangat ramah pemula, sehingga Anda akan cepat beradaptasi.
  • Barcode scanner. Untuk mempercepat proses transaksi, Anda bisa memberikan barcode pada setiap produk Anda, dan sistem POST bisa langsung scan barcode tersebut saat ada yang beli.
  • Print receipt. Anda bisa mencetak bukti transaksi atau struk belanja dan bisa memberikannya kepada pelanggan saat mereka melakukan pembelian.
  • Send receipt. Selain mencetak, Anda pun bisa mengirimkan struk belanja melalui email atau nomor WhatsApp pelanggan, sehingga lebih hemat kertas.
  • Manage product. Anda bisa mengelola produk yang Anda miliki dalam satu platform, dan Anda bisa melakukannya di perangkat yang sudah ter-install aplikasi POST.
  • Manage discount. Anda pun bisa mengelola diskon yang akan Anda berikan kepada pelanggan, ini bertujuan agar pelanggan bisa repeat order.
  • Multi-outlet. Anda bisa mengelola dan melihat performa setiap channel penjualan yang Anda miliki, kalau Anda punya 10 cabang, Anda bisa mengetahui cabang mana yang paling bagus, dan cabang mana yang belum maksimal.
  • Payment. Dengan POST, Anda bisa menerima berbagai tipe pembayaran, sehingga memudahkan pelanggan untuk bertransaksi.
  • Multi-channel. Kalau Anda punya toko fisik dan punya toko online, Anda bisa melihat data penjualannya dalam satu tempat, sehingga tidak perlu repot-repot untuk memikirkan pembukuannya.
Baca Juga  6 Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik dari ASUS

3. Qasir

qasir aplikasi kasir gratis tanpa batas waktu

Berikutnya ada Qasir, sebuah aplikasi kasir digital yang menawarkan versi gratis tanpa batasan waktu.

Qasir bisa menjadi pilihan aplikasi yang siap membantu pertumbuhan usaha Anda, mulai dari usaha makanan, minuman, fashion hingga toko retail dan online shop.

Dalam versi gratisnya, Qasir menawarkan fitur-fitur umum yang bisa Anda gunakan untuk mengelola bisnis.

Fitur-fitur tersebut adalah:

  • Menajemen produk dan penjualan. Anda bisa mengelola produk dengan lebih mudah dan mencatat setiap transaksi yang terjadi di toko Anda, sehingga Anda punya data yang lengkap terkait keluar masuk produk yang Anda miliki.
  • Menerima banyak tipe pembayaran. Dengan Qasir, memungkinkan Anda menerima berbagai jenis pembayaran, mulai dari QRIS hingga dompet digital populer, sehingga pembayaran jadi lebih cepat dan aman, dengan bantuan QR Code.
  • Laporan penjualan. Anda bisa mengakses laporan penjualan dengan instan yang bisa Anda akses di mana saja.

Jika fitur-fitur di atas belum cukup, Anda bisa menambah fitur lainnya yang bisa Anda pilih fitur mana saja yang Anda butuhkan.

Fitur-fitur lainnya ialah:

  • Catatan tambahan pada struk. Anda bisa menambahkan catatan tambahan pada struk belanja, dalam versi gratis Anda tidak bisa melakukan ini.
  • Mengelola diskon. Ingin memberikan diskon untuk pelanggan? Anda bisa melakukannya dengan fitur kelola diskon, Anda bisa memberi diskon secara instan kepada pelanggan.
  • Harga grosir. Jika pelanggan Anda membeli dalam jumlah banyak, Anda bisa menggunakan fitur harga grosir ini. Anda bisa mengatur minimal pembelian produk untuk mendapatkan harga grosir.
  • Nomor antrian. Fitur ini sangat pas jika Anda punya bisnis makanan dan minuman, ketika pelanggan memesan, Anda bisa memberikan nomor antrian kepada mereka, sehingga mereka tahu estimasi kapan pesanan mereka selesai dibuat.
  • Mencetak bukti pesanan. Untuk meminimalisir pesanan yang salah, Anda bisa mencetak dua tiket atau bukti pesanan, satu Anda berikan pada pelanggan, yang satunya lagi Anda berikan kepada koki di dapur, sehingga pesanannya bisa cocok.
  • Uang muka. Anda bisa mencatat uang muka yang dibayarkan oleh pelanggan, nantinya Anda bisa memberitahu berapa kekurangan bayar yang harus diselesaikan oleh pelanggan Anda.
  • Mengelola tampilan struk. Anda bisa membuat struk yang ringkas atau menambahkan elemen-elemen lain pada struk seperti nama toko, nama pelanggan, logo toko dan elemen lainnya, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  • Menambahkan varian produk. Jika Anda menjual produk yang memiliki beragam varian, dengan Qasir, Anda bisa mengelolanya dengan mudah sehingga ketika ada pelanggan, Anda bisa memprosesnya dalam waktu singkat.
Baca Juga  15 Aplikasi Jual Pulsa Harga Murah yang Cocok untuk Tambah Penghasilan

4. Majoo

majoo Aplikasi kasir online terbaik untuk wirausaha

Majoo merupakan aplikasi kasir online untuk wirausaha.

Mereka mengklaim melalui websitenya, bahwa sudah lebih dari 30.000 wirausaha di lebih dari 600 kota telah menggunakan majoo sebagai aplikasi kasir usahanya.

Selain usaha makanan dan minuman, majoo banyak digunakan oleh online shop, fashion, barbershop, laundry hingga toko retail.

Berikut adalah fitur yang ditawarkan oleh majoo:

  • Optimasi penjualan. Seperti sistem POS lainnya, majoo juga mempunya fitur print struk order, pembayaran, sekaligus bisa berfungsi sebagai cashdrawer seperti kasir tradisional.
  • Barcode scanner. Berfungsi untuk membaca kode SKU secara otomatis.
  • Tanpa koneksi internet. Aplikasi majoo bisa digunakan walaupun tanpa koneksi internet, sehingga Anda tidak perlu khawatir karena data akan disimpan di dalam aplikasi, saat terkoneksi internet nantinya data akan dikirimkan ke sistem online.
  • Responsive. Aplikasi kasir majoo bisa digunakan di smartphone, tablet android maupun melalui browser di PC, sehingga memudahkan Anda dalam mengelola bisnis.
  • Harga khusus ojek online. Dengan majoo, Anda bisa mengatur harga khusus untuk delivery order melalui ojek online seperti Gojek dan Grab.
  • Multi-payment. Satu transaksi bisa dibayar dengan lebih dari satu jenis metode pembayaran.
  • dan masih banyak lagi.

5. Pawoon

pawoon aplikasi kasir online

Pawoon adalah salah satu penyedia layanan point-of-sale (POS) di Indonesia. Berdiri pada tahun 2014, hingga saat ini sudah lebih dari 25.000 pemilik bisnis menggunakan Pawoon untuk sistem POS-nya.

Pawoon menawarkan kemudahan untuk pemilik bisnis online dengan fitur yang lengkap dan praktis, sekaligus mudah digunakan.

Berikut fitur-fitur yang ditawarkan oleh Pawoon:

  • Manajemen order. Mengelola setiap pesanan dengan alur transaksi yang lebih efisien dan terbebas dari antre.
  • Kirim struk digital. Dengan Pawoon Anda bisa mengirimkan struk belanja secara digital, bisa melalui email maupun ke nomor WhatsApp pelanggan.
  • Pilihan metode pembayaran. Memudahkan pelanggan dengan menyediakan pilihan lebih dari satu metode pembayaran, sehingga ketika pelanggan hendak bayar, mereka bisa pilih mau bayar pakai apa.
  • Pesanan sesuai nomor meja. Bagi Anda pemilik bisnis kuliner, Anda bisa menggunakan Pawoon untuk mencatat pesanan sesuai nomor meja, sehingga bisa menghindari salah antar pesanan.

Kesimpulan

Dengan adanya sistem point-of-sale (POS) atau kasir digital, membuat operasional bisnis jadi lebih mudah, terutama dalam pengelolaan transaksi dan fleksibilitas dalam memilih metode pembayaran.

Aplikasi kasir digital ini pun hampir bisa diaplikasikan pada semua jenis bisnis, mulai dari bisnis retail, online shop, laundry, restoran bahkan barbershop.

Sehingga waktu-waktu yang dulu digunakan untuk pencatatan manual, pembukuan, cek stok barang, bisa digunakan untuk mengembangkan bisnis ke depannya.

Tag:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *